Sejarah Klenteng Boo Hway Bio

0 157

Lokasi Klenteng Boo Hway Bio

Klenteng ini terletak di Jalan Raya Utara Alun-Alun 16 Mojoagung, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Klenteng Boo Hway Bio

Klenteng Boo Hwy Bio didirikan pada tanggal 6 Lak Gwee atau bertepatan dengan 6 Juni 1928 oleh orang-orang Tionghoa yang pergi merantau dan akhirnya berdomisili di Mojoagung.

Klenteng yang berukuran kecil ini menghadap ke selatan atau arah ke alun-alun. Klenteng ini sengaja dibangun berdekatan dengan pertigaan jalan atau persimpangan jalan, karena berdasarkan kepercayaan orang-orang Tionghoa bahwa lokasi tersebut berisi segala pengaruh negatif. Pengaruh buruk tersebut akan hilang atau sirna dengan dibangunnya klenteng ini.

Bangunana Klenteng Boo Hway Bio

Bangunan paling depan dari klenteng ini adalah men lou wu, pintu gerbang untuk masuk ke dalam bangunan utama, yang di sebelah kiri dan kanannya disambung dengan pagar. Pada men lou wu tersebut di bagian atasnya terdapat ornamen sepasang naga. Sebelum memasuki bangunan utama, peziarah akan melintasi halaman dengan lantai con block. Di halaman depan klenteng ini tampak dua menara menyerupai botol untuk membakar kertas-kertas doa.

Melangkah lagi ke depan, peziarah akan sampai kepada bangunan utama dari klenteng ini. Ruang utama klenteng ini diberi pagar yang terbuat dari besi (tosan aji) meninggi hingga atap. Pada pagar tersebut terdapat ornamen singa dan naga di sebelah kiri dan kanannya. Pada bagian depan pintu utama klenteng ini terdapat hiolo yang terbuat dari kuningan dengan ornamen sepasang naga, yang sebelah kiri dan kanannya terdapat cok say, sebuah patung singa yang ditempatkan di atas pondasi berbentuk bujur sangkar.

Di atas pintu utama terdapat kaligrafi horisontal dalam aksara Tionghoa, sedangkan di sebelah kiri dan kanannya terdapat kaligrafi huruf kanji dalam posisi vertikal. Memasuki ruang utama dari klenteng ini, peziarah akan mendapati Kongco San Ci Kung yang merupakan Dewa Penolong, dan sekaligus dewa yang utama dalam klenteng tersebut. Di kalangan pemeluk Tri Dharma, Klenteng Boo Hway Bio terkenal sebagai tempat keramat, yang dipercaya bisa mendatangkan berkah tersendiri bagi para penganut Khonghucu, Tao dan Buddha yang melakukan peribadatan di tempat ini.

Source Klenteng Boo Hway Bio Mojoagung
Comments
Loading...