situsbudaya.id

Sejarah Keraton Sumenep

0 28

Lokasi Keraton Sumenep

Kraton Sumenep terletak di Jalan Dr. Soetomo No. 5 Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Sejarah Keraton Sumenep

Berdasarkan catatan sejarah, Kraton Sumenep didirikan oleh Panembahan Sumala, seorang Adipati Sumenep ke-31, pada tahun 1781. Arsitek yang ditunjuk dalam pembangunan kraton ini adalah seorang Tionghoa bernama Lauw Piango. Ia adalah cucu dari Lauw Khun Ting. Lauw Khun Thing adalah salah satu di antara 6 orang Tionghoa yang mula-mula datang dan menetap di Sumenep. Sedangkan, yang menjadi mandor dalam pembangunan kraton adalah seorang Tionghoa bernama Ka Seng An. Secara umum, gaya arsitektural Kraton Sumenep merupakan perpaduan antara gaya Eropa, Arab, China dan Jawa.

Bangunan Keraton Sumenep

Kompleks Kraton Sumenep terdiri atas beberapa bangunan yang tersusun dari selatan ke utara. Pendapa Ageng terletak di tengah kraton beratapkan joglo yang ditopang oleh 10 soko (tiang penyangga). Dibelakang pendapa, terdapat Kraton Dhalem yang terdiri atas dua lantai.

Keraton Sumenep (bagian dalam)

Di sebelah barat bangunan utama Kraton Sumenep, yaitu Pendapa Ageng dan Kraton Dhalem, terdapat Dhalem Kraton Lama. Dhalem Kraton Lama merupakan bangunan kraton yang dibangun oleh Gusti R. Ayu Rasmana Tirtanegara bersama R. Tumenggung Tirtanegara (Bindara Moh. Saud) yang memerintah pada tahun 1750 sampai dengan tahun 1762.

Di sebelah timur Pendapa Ageng, terdapat Taman Sare yang dikelilingi tembok yang cukup tinggi dan tertutup. Taman Sare adalah taman yang luar biasa menariknya kala itu, dan dilengkapi dengan tiga tempat pemandian bagi permaisuri maupun putri adipati.

Ketiga tempat pemandian tersebut memiliki tiga pintu, yaitu pintu I, II dan III. Konon, pintu I diyakini dapat membuat awet muda, dipermudah mendapatkan jodoh dan keturunan. Pintu II dipercaya dapat meningkatkan karir dan kepangkatan, sedang pintu III diyakini dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan.

Source Kraton Sumenep Jawa Timur
Comments
Loading...