Sejarah Kecamatan Wajak Malang

0 316

Kecamatan Wajak

Tak banyak yang mengetahui tentang sejarah asal usul Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Menurut cerita, konon namanya diambil dari nama buah asli setempat, yakni buah wajak.

Dulunya, kawasan Wajak hanyalah sebuah dusun yang punya nama Darungan. Dusun tersebut terletak di Desa Wajak. Sekarang ini, dusun tersebut lebih dikenal dengan nama Dusun Jaruman.

Pada saat itu, Desa Darungan merupakan salah satu desa yang letaknya di tengan hutan belantara. Banyak sekali tumbuh buah wajak di hutan belantara tersebut. Buah ini bentuknya semacam buah kolang-kaling. Banyak diburu orang karena sangat terkenal enak. Buah ini banyak tumbuh di sekitar Desa Darungan. Akhirnya, orang sekitar menamakan hutan ini dengan nama Wajak.

Setelah perkembangan jaman dan berkembangnya penduduk di sekitar hutan tersebut, akhirnya Desa Darungan itu berkembang menjadi dua willayah bagian, yakni Desa Darungan dan Desa Wajak. Yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah Desa Wajak, karena lumayan lebih ramai daripada Darungan.

Seiring waktu yang terus berjalan, Desa Wajak semakin berkembang. Penduduknya semakin bertambah banyak, sehingga muncul desa-desa di sekitarnya, seperti Desa Sukoanyar, Desa Ngembal, Desa Blayu, Desa Codo, dan lain-lain. Karena lokasi Desa Wajak yang dinilai paling strategis, maka dijadikanlah sebagai ibu kota kecamatan, yang hingga saat ini menjadi Kecamatan Wajak, yang akhirnya juga menjadi pusat perekonomian setempat.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/09/06/buah-wajak-dan-asal-usul-kecamatan-wajak/
Comments
Loading...