Sejarah Kebun Teh Jamus

0 67

Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus Ngawi ini berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Letaknya yang berupa perbukitan ini terhampar luas di lereng Gunung Lawu. Meskipun hanya berupa kebun teh, akan tetapi lokasi ini merupakan peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda. Negeri Belanda yang menjajah Indonesia dalam waktu yang sangat lama ini ternyata meninggalkan banyak jejak di tanah air.

Perkebunan teh ini mulai dirintis pada tahun 1866 oleh warga negara Belanda bernama Van der Rappart. Pada tahun 1910, Van der Rappart meninggal dunia di Kebun Teh Jamus. Pengelolaan kebun teh dilanjutkan oleh anaknya yang bernama H. M. Ridder von Rappart. Pada tahun 1928, dibangun pabrik pengelolaan teh dan PLTA di dalam kawasan Kebuh Teh Jamus.

Kebun Teh Jamus akhirnya dijual kepada perusahaan asal Belanda di Indonesia yang bernama NV Geowehrij setahun kemudian atau pada tahun 1929. NV Geowehrij kembali memperluas pabrik pengolahan teh di Kebun Teh Jamus pada tahun 1930 atau setahun setelah membeli perkebunan tersebut. Pada tahun 1942-1945 atau Zaman Pendudukan Jepang, Perkebunan Teh Jamus diambil alih pemerintah Jepang.

Pada tahun 1973, pengelolaan Kebun Teh Jamus kembali diserahkan pada swasta yaitu PT Candi Loka. Pemindahan pengelolaan secara resmi baru dikeluarkan setahun kemudian tepatnya tanggal 8 November 1976. PT Candi Loka memeperoleh Hak Guna Usaha atas kebun seluas 478,20 Ha dengan SK Menteri Dalam Negeri No. SK-GG/HGU/DA/76 yang berlaku sampai dengan 31 Desember 2001. Sebelum masa berlaku habis, pada tanggal 26 Juli 2001 PT Candi Loka memperoleh perpanjangan Hak Guna Usaha atas pengelolaan tanah perkebunan Jamus dengan SK Kepala Badan Pentanahan Nasional RI No. 12/HGU/BPN/2001 yang berlaku sampai dengan 31 Desember 2026.

Bernuansa tropis, hijau, sunyi, damai indah dan sejuk merupakan gambaran dari suasana perkebunan teh Jamus, disamping pabrik teh terdapat pula sumber Lanang, goa Jepang, bumi perkemahan, Kolam renang anak dan Borobudur Hill.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/09/wisata-sejarah-di-kabupaten-ngawi-jawa-timur/
Comments
Loading...