Sejarah Kawasan Teluk Bayur Berau

0 70

Kawasan Teluk Bayur Berau

Teluk Bayur Merupakan kawasan peninggalan belanda (VOC) sewaktu melakukan kegiatan tambang batubara. Banyak dijumpai rumah/ gedung/ bangunan tua, rel kereta pengangkut batubara, terowongan batubara, lapangan pusat kegiatan warga Belanda.

Di Kabupaten Berau ini khususnya di Desa Teluk Bayur Kecamatan Teluk Bayur, terdapat beberapa peninggalan zaman penjajahan Belanda yang berhasil masuk daerah Berau pada Abad k-16. Dari Tanjung Redeb (ibu kota Kabupaten Berau) Teluk Bayur berjarak sekitar 10 kilometer.

Di kecamatan ini dahulu adalah sebuah kota yang berjaya pada masa lalu dan menjadi pusat industri batubara yang ditandai dengan hadirnya perusahaan Steinkollen Matschappy Parapattan (SMP). Perusahaan penambangan batu bara yang berdiri pada1912 itu menandai terbukanya Teluk Bayur bagi para pendatang. Di masa jayanya, sekitar 1930, di Teluk Bayur berdiri sebuah kota modern yang memiliki fasilitas lengkap.

Mulai dari sarana transportasi berupa kereta api untuk mengangkut para petinggi SMP atau para saudagar Eropa yang tinggal di bagian Timur dan Selatan kota dan para kuli kontrak, serta lori untuk mengangkut barang-barang kebutuhan dan batu bara hingga sarana rekreasi. Bahkan di Teluk Bayur kala itu sudah ada taman kota, gedung bioskop, dan rumah judi. Sayangnya, kini tinggal sisa-sisa kejayaan kota Teluk Bayur yang mulai ditinggal para penghuni Eropa sekitar 1954 seiring dengan ditutupnya SMP.

Keberadaan penjajahan Belanda di daerah ini dibuktikan dari beberapa bangunan tua yang masih berdiri kokoh, seperti bangunan tua di belakang SD 003 Teluk Bayur. Bangunan di atas ketinggian menghadap Sungai Segah ini, jadi saksi bisu masa kejayaan Teluk Bayur sebagai kota tambang di masa lampau.

Selain tambang batu bara, Teluk Bayur juga masih menyimpan potensi wisata alam berupa Taman Hutan Wisata Sei Tangap, bersebelahan dengan Bumi Perkemahan Mayang Mengurai. Lokasi yang sejuk ini bisa dijadikan alternatif beristirahat. Hawa sejuk di bawah kerimbunan pepohonan membuat suasana santai dan menyenangkan.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/kawasan-teluk-bayur-berau
Comments
Loading...