Sejarah Kantor Wilayah XII DJPBN Jawa Barat

0 102

Kantor Wilayah XII DJPBN Jawa Barat

Gedung yang terletak di Jl. Diponegoro 59 (dulu Wilhelmina Boulevard) ini dibangun pada tahun 1940 di bawah pengawasan “Technische Dienst voor Stadsgemeente Bandoeng” (Pelayanan Teknis Kotamadya Bandung). Pembangunan gedung ini dilakukan sebagai bagian dari proses perpindahan ibukota Hindia Belanda dari Batavia ke Bandung. Gedung ini dinamakan gedung dana pension pegawai colonial (Indische Pension Fondsen), yang diperuntukkan sebagai tempat dana pensiun seluruh Indonesia.

Pada masa pemerintahan Jepang, Gedung tersebut digunakan sebagai gedung Kempeitai (markas satuan polisi militer Jepang yang dikenal sebagai Disipliner Sipil). Setelah kemerdekaan, gedung ini sempat dijadikan gedung Recomba (Regeerings-commisaris voor bestuurs-aangelegenhedens) oleh Belanda, yaitu tempat komisaris pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan Belanda yang bertugas untuk utusan pemerintah. Tahun 1947, gedung ini berubah fungsi menjadi gedung parlemen Dewan perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat setelah Jawa Barat menjadi Negara Pasundan.

Kemudian saat persiapan terakhir Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955, Soekarno mengganti nama dan meresmikan gedung ini menjadi Gedung Dwi Warna pada tanggal 17 April 1955. Gedung ini kemudian dipergunakan sebagai Sekretariat Konferensi Asia Afrika (KAA) sekaligus tempat rapat komisi (1955). Seusai KAA, gedung ini dijadikan sebagai Kantor Pusat Pembayaran Pensiunan (KP3), lalu Kantor Pusat Administrasi Belanja Pegawai dan Pensiun (KPABPP), lalu menjadi Subdirektorat Pengumpulan Data (SDPD) kemudian menjadi Pusat Pengolahan Data Informasi Anggaran (PPDIA) sampai tahun 2001. Sekarang gedung ini digunakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk Kantor Wilayah XII Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) Jawa Barat.

Source https://www.kemenkeu.go.id https://www.kemenkeu.go.id/profil/sejarah/heritage-bangunan-keuangan/
Comments
Loading...