Sejarah Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamekasan

0 94

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamekasan

Kementerian Agama (sebelumnya disebut Departemen Agama) diresmikan pemerintah satu tahun setelah Indonesia Merdeka. keberadaannya hingga diresmikan tidak didapat dengan mudah, tapi membutuhkan perjuangan gigih para tokoh Agama.

Kementerian Agama Kabupaten pamekasan diresmikan sekitar tahun 1958. menempati tempat bersampingan dengan masjid Agung As-Syuhada. Kantor Urusan Agama Kecamatan pamekasan juga demikian. pada tahun 1970 kementerian agama pindah, menempati bekas sekolah PGAN 6 tahunan dengan alamat Jl. Swatantra I Pamekasan. sedangkan Kantor Urusan Agama pindah ke lokasi yang sama, cuma posisinya disebalah selatan dengan alamat Jl. Kabupaten no. 76.Gedung yang dibangun pada Tahun 1969. dibagun diatas tanah berukuran 10 x 15 m dengan luas bangunan 112 m. ada ruang Kepala, ruang penghulu dan staf, PPAI, mushollah dan kamar mandi. KUA Kecamatan Pamekasan berada ditempat yang cukup strategis, karena posisinya berdampingan lagsung dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan–bahkan masyarakat lebih mengenal KUA daripada Kankemenag Pamekasan.

KUA Kecamatan Pamekasan sampai hari ini sudah 10 kali berganti kepemimpinan. karakter dan model kepemimpinan masing-masing telah banyak mewarnai dengan tinta emas–sehingga KUA berganti tahun dan pereode semakin baik. dibawah kepemimpinan M. Syafik, S.Ag Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamekasan diharapkan bisa lebih maju lagi. pada tahun ini direncanakan untuk melengkapi soptware dan hardware yang lebih adaptif-progresif. hal ini untuk mengimbangi kebutuhan dan perkembangan teknologi yang terus meroket. untuk memenuhi kebutuhannya, saat ini telah diusulkan ke Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Timur untuk renovasi total.

Source http://kuapamekasan.blogspot.com http://kuapamekasan.blogspot.com/p/profil-kua-pamekasan.html
Comments
Loading...