Sejarah Kantor Pos Pekalongan

0 215

Lokasi Kantor Pos Pekalongan

Kantor Pos Pekalongan terleta di Jalan Cenderawasih No. 1 Kota Pekalongan. Terletak di pusat kota dan di kawasan Jetayu, maka kantor pos pekalongan sangat mudah untuk kita datangi. Gedung warna orange ini memang bergayakan arsitektur zaman penjajahan belanda.

Sejarah Kantor Pos Pekalongan

Kota Pekalongan adalah pusat pemerintahan di masa kolonialisme Belanda. Tak heran jika kota ini ditetapkan sebagai ibukota dari Karesidenan Pekalongan. Jadi berbagai fasilitas penunjang pun didirikan diantaranya Kantor Pos Besar, kantor pos ini terletak di Jantung Kota yang berada di kawasan Jatayu. Keberadaan dari Kantor Pos Besar Kota Pekalongan ini tidak bisa terlepas dari sejarah panjang kantor Pos Indonesia.

Waktu itu Kantor pos pertama didirikan oleh belanda di Batavia (kini Jakarta) oleh seorang Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746. Bertujuan untuk lebih menjamin atas keamanan surat-surat dari penduduk, terutama  yang berdagang dari luar Jawa dan bagi mereka yang datangnya dari Negeri Belanda sendiri.

Setelah kantor pos pertama di Batavia didirikan, empat tahun kemudian didirikan pula kantor  pos cabang kota Semarang. Supaya hubungan yang teratur antara kedua tempat kantor itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan posnya waktu itu adalah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan. Selanjutnya, untuk lebih mempermudah bagi para pedagang. Maka Kantor Pos Besar Kota Pekalongan mulai didirikan sekitar tahun 1756 silam. Dengan gaya arsitek bangunan seperti kantor-kantor Pos besar lainnya di Pulau Jawa. Tidak heran jika cakupan kegiatan kantor Pos Besar Pekalongan ini meliputi Batang, Pemalang dan sekitarnya (karisedenan Pekalongan).

Source Kantor Pos Pekalongan Jawa Tengah
Comments
Loading...