Sejarah Kantor Pos Kota Pekalongan

0 387

Lokasi Kantor Pos

Kantor Pos Pekalongan terletak di jalan Cenderawasih No. 1 Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Sejarah Kantor Pos

Kota Pekalongan adalah pusat pemerintahan di masa kolonialisme Belanda. Tak heran jika kota ini ditetapkan sebagai ibukota dari Karesidenan Pekalongan. Bangunan tua dari zaman Belanda ini dahulunya digunakan untuk kirim surat hingga kini fungsinya tetap sama yakni mengurusi hal surat-menyurat. Yang unik dari Gedung ini adalah terdapat Jam dinding yang terpampang di depan memberi kesan yang nyentrik dan kuno.

Waktu itu Kantor Pos pertama didirikan olh Belanda di Batavia (kini Jakarta) oleh seorang Gubermur  Jendral G.W Born van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 lampau. Bertujuan untuk lebih menjamin atas keamanan surat-surat dari penduduk, terutama yang berdagang dari luar Jawa dan bagi mereka yang datangnya dari Negeri Belanda sendiri.

Setelah Kantor Pos pertama  Batavia didirikan , empat tahun kemudian didirikan pula kantor pos cabang kota semarang. Rute perjalanan posnya waktu itu adalah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

Selanjutnya, untuk lebih mempermudah bagi para pedagang. Maka Kantor Pos Besar Lota Pekalongan mulai didirikan sekitar tahun 1756. Dengan gaya arsitek bangunan seperti kantor npos lainnya di Pulau Jawa. Tidak heran jika cakupan kegiatan kantor bos besar pekalongan ini meliputi Batang, Pemalang dan sekitarnya.

Source Sejarah Kantor Pos Kota Pekalongan Jawa Tengah
Comments
Loading...