Sejarah Kampung Pahandut Kalimantan Tengah

0 172

Lokasi Kampung Pahandut

Kampung Pahandut salah satu kampung di Kota Palangka Raya, Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah.

Kampung Pahandut

Kampung Pahandut yang merupakan cikal bakal berdirinya Kota Palangka Raya, Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, merupakan salah satu kampung tertua di daerah aliran sungai Kahayan bagian hilir, seperti halnya kampung Maliku, Pulang Pisau, Buntoi, Penda Alai dan Gohong.

Pada jaman dahulu (±18 M) di sebuah kampung yang berada di daerah aliran sungai Kahayan, yang bernama Lewu Rawi (kelak dikenal sebagai lewu Bukit Rawi), terdapat pasangan suami-isteri Bayuh dan Kambang. Konon dikisahkan bahwa karena keadaan tanah di Lewu Rawi tidak cocok untuk lahan bertani dan berkebun, membuat Bayuh dan Kambang memutuskan untuk mencari kawasan lain yang lebih subur.

Mereka kemudian “masuh” (mendayung perahu ke arah hilir) menyusuri Sungai Kahayan yang akhirnya menemukan sebuah tempat yang subur untuk bertani dan berkebun serta hasil hutan/alam yang melimpah, sehingga singkat cerita kehidupan mereka menjadi lebih baik. Kabar tentang tanah yang subur, serta perbaikan kehidupan kedua suami istri tersebut terdengar oleh warga masyarakat lewu Rawi yang lain sehingga banyak sanak keluarga yang berasal dari kampung tersebut bahkan bahkan warga dari kampung/desa lain mengikuti jejak Bayuh dan Kambang pindah ke daerah baru itu.

Keberadaan Kampung Pahandut juga dilaporkan oleh para misionaris (para pengabar Injil) dari Jerman. Pada tahun 1859, Kampung Pahandut tercantum dalam peta yang dibuat para misionaris tersebut, dan Kampung Pahandut merupakan salah satu pangkalan (stasi) dari kegiatan penyebaran agama Kristen di sepanjang Sungai Kahayan.

Laporan selanjutnya dari para misionaris menyebutkan bahwa pada tahun 1896, Misionar G.A. Alt bertugas di Stasi Pahandut, dan telah terbentuk jemaah Kristen dengan berdirinya bangunan gereja di Kampung itu. Letak bangunan gereja tersebut diperkirakan berada di Jalan Kalimantan sekarang. Pada tahun 1974, bangunan gereja yang terletak di tengah jalan tersebut, dibongkar untuk keperluan pembangunan dan pengaspalan jalan.

Source https://www.infoitah.net/ https://www.infoitah.net/2015/11/pahandut-cikal-bakal-kota-palangka-raya.html
Comments
Loading...