situsbudaya.id

Sejarah Kampung Adat Kuta Ciamis

0 78

Sejarah Kampung Adat Kuta

Kampung Kuta Tambaksari Ciamis, Jawa Barat yakni satu buah dusun adat yang hingga sekarang ini tetap teguh memegang budaya adat leluhurnya. Komunitas ini berada di Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari, sekitar 60 Kilometer dari Kota Ciamis ke arah timur.
Kampung Kuta terdiri atas 2 RW & 4 RT. Kampung ini berbatasan denga Dsn. Cibodas disebelah utara, Dusun Margamulya di sebelah barat, & di sebelah selatan & timur bersama Sungai Cijulang, yang sekaligus perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Nama Kampung Kuta ini diberikan karena cocok dengan tempat Kampung Kuta yang berada di lembah yang curam, kurang lebih 75 meter, & dikelilingi oleh tebing-tebing/perbukitan. Dalam bahasa Sunda buhun, Kuta artinya pagar tembok.
Ada sekian banyak cerita tentang asal usul Kampung Kebiasaan Kuta. Masyarakat setempat yakin, peristiwa Kampung Kuta berkenaan dengan pendirian kerajaan Galuh. Kampung Kuta konon awalnya dipersiapkan sebagai ibukota kerajaan Galuh, tetapi tak menjadi.
Source http://www.wisatakotabanjar.com http://www.wisatakotabanjar.com/2016/06/objek-wisata-kampung-adat-kuta-ciamis.html
Comments
Loading...