Sejarah Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

0 39

Sejarah Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

Rumah Adat Kampung Dukuh berdiri sekitar tahun 1700-an dengan jumlah rumah 40 rumah adat sunda yang sangat sederhana, disini memiliki sumber mata air yang dikeramatkan, makam keramat, daerah tutupan, larangan, cadangan, garapan dan titipan. Kampung adat Dukuh ini dipimpin oleh seorang kuncen untuk urusan adat, di Kampung ini tidak boleh menggunakan peralatan modern yang seperti saat ini di kalangan masyarakat indonesia dengan berbagai kemajuan jaman. Luas kampung dukuh kurang lebih 1,5 Ha, terdiri dari tiga bagian atau daerah, yaitu dukuh dalam, dukuh luar dan makam karomah.

Jika anda akan berkunjung ke kampung ini kita perlu mengetahui pantangan-pantangan yang ada di kampung dukuh, seperti antara laki-laki dan perempuan tidak boleh terlalu dekat, tidak boleh bicara ketika sedang makan, tidak boleh menyelonjorkan kaki kearah utara, harus memakai baju polos (tidak boleh bercorak atau bergambar) ketika berziarah, dan tidak boleh menggunakan peralatan elektronik.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/05/11/kampung-adat-dukuh-garut-jawa-barat/
Comments
Loading...