Sejarah Jembatan Betrix Jambi

0 390

Lokasi Jembatan Betrix

Jembatan Betrix terletak di pusat Kota Sarolangun yaitu terletak di Sri Pelayang, Kelurahan Sarkam, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Indonesia.

Sejarah Jembatan Betrix

Jembatan Beatrix brug atau dalam bahasa sarolangun nya adalah Jembatan Beatrix. Nama jembatan ini di ambil dari nama ratu belanda yang saat ini menguasai wilayah untuk sarolangun, adalah ratu beatrix brug. Di buat pada 1923 dan di resmikan pada 1939. Jembatan ini adalah satu-satu nya penghubung antara wilayah sri pelayang dan pasar sebelum adanya jembatan baru yang ada di jalan lintas sumatera di buat tak jauh dari jembatan ini. Jembatan ini bisa saja menjadi satu-satunya jembatan penghubung, karena jembatan ini adalah situs sejarah, maka pemerintah membangun jembatan lintas untuk lalu lintas ekonomi dan sebagainya. Sehingga tidak menjadi beban berat bagi jembatan ini yang tentunya akan mudah rusak dan lapuk. Jembatan ini sempat roboh dan tak berpungsi beberapa waktu karena deras nya aliran air sungai batang tembesi yang mengalir dibawah nya.

Namun beberapa tahun kemudian jembatan ini di renovasi oleh pemerintah setempat yaitu bupati Muhammad Madel (bupati pertama sarolangun). Konon di bawah Jembatan Beatrix ini juga ada harta karun emas peninggalan belanda yang sejarah nya masih kabur dan sulit untuk mendapatkan pembuktian. Pada hari raya idul fitri jembatan ini ramai khususnya hari raya ke sepuluh,karena di sini menjadi objek lomba pacu perahu tradisional atau dalam bahasa sarolangun “balumbo biduk”. Hal yang menarik dari jembatan ini adalah tiap-tiap lingkungan nya memiliki warna cat yang berbeda dan lampu yang klap kerlip di malam hari yang membuat jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat nya.

Source Jembatan Betrix terletak di pusat Kota Sarolangun yaitu terletak di Sri Pelayang, Kelurahan Sarkam, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Indonesia.  Jambi
Comments
Loading...