Sejarah Hotel Subang Plaza

0 1.053

Hotel Subang Plaza

Jika kita melewati Jalan Jendral Soeprapto, kita akan melihat salah satu bangunan tua yang terkenal dengan nama Hotel Subang Plaza. Jika kita mencari tahu atau bertanya pada masyarakat sekitar mengenai Hotel Subang Plaza, yang pertama kali terlontarkan adalah kata “Angker,” itulah anggapan masyarakat sekitar mengenai hotel yang te

Hanya segelintir masyarakat yang mengetahui sejarah dan perkembangan bangunan ini. Untungnya kami dipertemukan dengan salah satu karyawan yang dulunya bekerja di Hotel Subang Plaza.

“Hotel Subang Plaza awalnya merupakan sebuah kantor administrasi Inggris. Pada zaman penjajahan, Inggris menggunakan bangunan tersebut untuk mengumpulkan dana hasil perkebunan,” menurut Abah Saip, 70 tahun.Mitos mengenai adanya terowongan yang dapat menghubungkan Wisma Karya dengan Hotel Subang Plaza pun terjawab oleh Abah Saip. Dengan tegas Abah Saip mengatakan bahwa kabar tersebut hanya bohong belaka.

“Memang ada sebuah ruangan di bawahnya, namun ruangan tersebut bukanlah terowongan, melainkan ruangan tersebut hanyalah tempat penyimpanan uang hasil pertanian pada zaman dahulu,” ujar Abah Saip.

Setelah menjadi kantor administrasi Inggris, bangunan tersebut sempat dipakai oleh penjajah lainnya seperti Belanda dan Jepang, sampai akhirnya pada tahun 2000 bangunan tersebut dibeli oleh H. Harun dan dirubah menjadi sebuah hotel yang diberi nama Hotel Subang Plaza. Hotel ini sempat manjadi Hotel yang lumayan terkenal pada tahun 2005. Namun pada akhirnya Bapak H Harun memutuskan untuk menjualnya. Tidak ada yang tahu alasannya kenapa, tetapi setelah dibiarkan kosong, kepemilikan bangunan ini telah beberapa kali berganti tangan. Saat ini bangunan tersebut menjadi milik rumah sakit PTPN, meskipun sampai saat ini belum diadakan renovasi atau pembangunan.

Mengenai pendapat masyarakat mengenai angkernya Hotel Subang Plaza saya rasa hanyalah paradigma masyarakat yang sudah terlalu banyak dicekoki cerita seram mengenai tempat yang kosong. Disisi lain, Hotel Subang Plaza merupakan bangunan bersejarah yang patut dijaga dan dilestarikan oleh pemerintah setempat. Namun sampai saat ini sepertinya belum ada langkah pasti soal melestarikan bangunan bersejarah di Kabupaten Subang, khususnya Hotel Subang Plaza.

Source http://lemiday.blogspot.com http://lemiday.blogspot.com/2014/03/hotel-subang-plaza-sejarah-yang.html
Comments
Loading...