Sejarah The Historich Cimahi

0 575

Lokasi The Historich Cimahi

The Historich Cimahi terletak di Jl. Gatot Subroto No.19, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521.

The Historich Cimahi

Pada sekitar tahun 1886, Pemerintah Kolonial Hindia Belanda membangun sebuah gedung yang diberi nama “Societeit Voor Officieren – Tjimahi” bersamaan dengan pembangunan Rumah Sakit Militer (sekarang menjadi R.S. Dustira), Barak dan Tangsi Militer serta Penjara Militer (populer dengan sebutan “Penjara Poncol”).

Bergaya arsitektur Indische Empire Style, Gedung ini diperuntukan sebagai social club untuk mengakomodasi pesta, pertunjukan seni, acara dansa dan tempat minum-minum bagi personil militer dan masyarakat golongan tertentu di masa itu. Namun sayangnya, sampai saat ini kami belum mendapatkan data atau informasi mengenai siapa Arsitek yang merancang dan Biro Teknik yang membangun Gedung ini.

Bangunan The Historich Cimahi

Dengan berakhirnya era kolonialisme di Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia mengambil alih kepemilikan Gedung ini dan mengganti namanya menjadi “Balai Pradjoerit Soedirman” atau lebih dikenal dengan “Gedung Sudirman”. Sejak saat itu, fungsinya pun sempat berubah-ubah: dari balai prajurit menjadi balai pertemuan umum, lokasi shooting film, bahkan sempat menjadi tempat latihan bulu tangkis. Sekitar tahun 2001-2005 Gedung ini beralih fungsi menjadi Kantor DPRD Cimahi.

Setelah DPRD Cimahi pindah ke tempat yang baru, Gedung ini sempat kosong dan tidak terawat selama bertahun tahun. Kondisinya sangat memprihatinkan, banyak bagian bangunan yang rusak, banyak ornamen dan perabotan asli yang hilang dan lebih menyedihkan lagi ada pengurangan/ penambahan bagian bangunan yang dilakukan tanpa studi serta perencanaan yang matang sehingga tidak kontekstual dengan arsitektur aslinya.

Di Bulan Maret 2012, Gedung The Historich ini dialihkelolakan dan mengalami restorasi total di setiap bagian bangunannya. Kami; selaku Pengelola yang baru, berusaha mengembalikan bentuk Gedung sedekat mungkin ke desain aslinya. Proses restorasi sekaligus revitalisasi ini memakan waktu sekitar 6 bulan sampai dengan September 2012. Sekarang Gedung ini dinamakan: “The Historich“, diambil dari paduan kata dalam Bahasa Inggris: history & rich yang dalam pengertian populer dapat dimaknai: “kaya akan sejarah”.

Source Sejarah The Historich Cimahi Jawa Barat
Comments
Loading...