Sejarah Graha Parahyangan Bandung

0 83

Graha Parahyangan

Graha Parahyangan adalah tempat tinggal pejabat kereta api di era pemerintah Hindia Belanda. Di sana masih ada plakat yang menunjukkan rumah tersebut adalah peninggalan pemerintah Hindia Belanda. Dalam plakat tersebut tertulis peletakan batu pertama dilakukan oleh Ernst Gerard Oscar Kelling pada 2 Maret 1927 dalam bahasa Belanda.

Graha Parahyangan pernah digunakan sebagai wisma, tempat menginap pegawai Kereta Api. Saat itu namanya masih Wisma Parahyangan. Menginap di sana pasti membuat betah karena letaknya strategis dan nyaman dekat kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bangunan tersebut terpelihara. Bahan bangunannya masih asli, meliputi kayu, batu dan lantai. Di luar terdapat lahan parkir, tempat bermain, taman. Penataan interior didesain secara cermat sesuai dengan rencana pemanfaatan sebagai area publik yang eksklusif dan dapat diterima oleh semua segmen pasar terutama kalangan menegah ke atas.

Bangunan Graha Parahyangan memiliki beberapa fungsi antara lain ruang pameran museum dan galeri benda perkeretaapian, ruang rapat dan pertemuan, ruang pesta serta ruang kafe. Masyarakat dapat menyewa ruangan yang ada di dalam Graha Parahyangan untuk berbagai kegiatan seperti pameran, rapat/meeting, pesta taman maupun pesta pernikahan.

Source https://www.serbabandung.com https://www.serbabandung.com/museum-kereta-api/
Comments
Loading...