Sejarah GPIB Jemaat Immanuel Bangil

0 144

Lokasi GPIB Jemaat Immanuel Bangil

Gereja ini terletak di Jalan Jaksa Agung Soeprapto No. 06 Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Lokasi gereja ini berada di sebelah barat Taman Makam Pahlawan (TMP) Bangil.

GPIB Jemaat Immanuel Bangil

Chr. G.F. de Jong dalam sebuah artikelnya Voorloping overzicht van Nederlands kerkelijk erfgoed in Indonesië uit periode 1815-1042, yang diunggah di www.cgfdejong.nl, menerangkan bahwa GPIB Jemaat Immanuel Bangil ini dulunya adalah De Protestantse Kerk in Nederlandsch-Indië, atau yang lebih dikenal dengan Indische Kerk. Namun nama resminya gereja ini pada era Kolonial di Hindia Belanda adalah De Protestanse Kerk Nederlandsch-Indie te BangilBangunan De Protestanse Kerk te Bangil  ini didirikan pada tahun 1924.

Pada tanggal 31 Oktober 1948, dalam ibadah Minggu Jemaat di Willem Kerk (sekarang Gereja Immanuel Jakarta), dilembagakan gereja mandiri keempat di wilayah Gereja Protestan di Indoensia (GPI) yang tidak terjangkau oleh GMIM (Gereja Masehi Injili di Minahasa), GPM (Gereja Protestan Maluku) dan GMIT (Gereja Masehi Injili di Timor), yang pada waktu itu bernama De Protestantse Kerk in Westelijk Indonesie (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat), atau GPIB. Termasuk De Protestantse Kerk in Nederlandsch-Indie te Bangil ini akhirnya berubah menjadi De Protestantse Kerk in Westelijk Indonesie, dan kemudian diberi nama GPIB Jemaat Immanuel Bangil. 

Arsitektur GPIB Jemaat Immanuel Bangil

GPIB Jemaat Immanuel (tampak dari depan)

Gereja ini juga mempunyai kekhasan dalam langgam arsitekturnya. Gereja ini bergaya aristektur Gothic yang ditandai dengan gevel yang semakin meruncing ke atas, dan diakhiri dengan menara kecil. Pada atap menara gereja ini, terdapat empat dormer yang dulunya berfungsi sebagai salah satu sarana pengumpul angin bagi ruangan di dalam gereja tapi sekarang sudah ditutup dengan kayu.

Source GBIP Jemaat Immanuel Bangil Pasuruan
Comments
Loading...