Sejarah Goa Jepang Klungkung Di Bali

0 282

Sejarah Goa Jepang Klungkung

Tebing yang ditemukkan sejajar dengan jalan, tepatnya pada Banjarangkan Klungkung Bali.Pada tebing lengkung yang cukup tinggi ini terdapat sebuah Goa, Goa yang di maksud adalah goa Jepang Klungkung, goa ini mengikuti kontur pinggir jalan berkelok sebelah kanan arah Denpasar ke Semarapura, tepat sebelum melintas sebuah jembatan melintangi atas Sungai Tukad Bubuh. Goa jepang ini sekilas mirip dengan Goa jepang Kawangkoan Minahasa, yang letaknya sama – sama di pinggir jalan, dan tidak ada penjaga. Akan tetapi Goa Jepang Klungkung memiliki lubang lebih banyak dengan lingkungan sekitar sedikit lebih baik.

Pada goa ini banyak tanaman hijau tumbuh subur terawat, namun di seberang tebing goa menjadi pemandangan lebih menarik ketimbang lubang – lubang gua bisu. Sebuah lubang gua dengan jumlah seluruhnya 16 lubang dengan kedalaman 4m yang dibangun balatentara pada tahun 1941. Meskipun tebingnya tidak seindah dan setinggi Gua Jepang di Taman Hutan Raya Juanda Bandung, namun rimbun tanaman perdu pada tebing atas Goa Jepang Klungkung cukup membuat teduh pejalan.

Pada Goa Klungkung terdapat pula sebuah lubang pembersih menggantung di Goa ini. Hal ini membuktikan bahwa goa ini sngat terawat kebersihannya. Jika di lihat lubang di goa ini sangat gelap, karenanya ada rasa enggan untuk masuk. Foto diambil dengan kecepatan rendah sehingga bagian gua bisa terlihat. Lubang gua lainnya memperlihatkan lorong penghubung antara satu lubang dan lubang gua lainnya. Hanya sebuah gua di kedua ujung merupakan gua terpisah.

Sebuah peresmian Jembatan Tekad Bubuh pada 1986 saya lihat ada di dekat Goa Jepang Klungkung paling kiri. Jembatan Tukad Bubuh yang membentang cukup panjang, terletak hanya beberapa puluh meter dari Goa Jepang Klungkung. Meskipun tampak telah ada cukup perhatian pemerintah setempat untuk merawat Goa Jepang Klungkung ini, serta membuat taman indah di sekitarnya, namun ketiadaan penjaga membuat kunjungan menjadi kurang berkesan. Semoga saja penjaga gua telah ada ketika anda berkunjung.

Source Sejarah Goa Jepang Klungkung Wisata Bali
Comments
Loading...