Sejarah Gedung “Subang Plaza”

0 71

Gedung “Subang Plaza”

Gedung “Subang Plaza”, yang merupakan warisan penjajah Belanda, pada saat itu Gedung “Subang Plaza” adalah bekas Kantor P&T Lands, yang kemudian dijadikan sebuah Hotel dengan nama “Hotel Subang Plaza”.

“Hotel Subang Plaza” tepat berada diantara Jalan Jendral Soeprapto, atau depannya RS PTPN VIII, dan Jalan Wangsa Goparana Subang tepat depan Kantor DPRD.

Namun sayang kondisinya saat ini terlihat kumuh dan tidak bertuan, padahal berdasarkan sejarahnya, yang awalnya “Subang Plaza” ini merupakan sebuah kantor administrasi Inggris pada zaman penjajahan dan di zaman P&T Land.

Menurut Pemerhati sejarah Subang, Beni Rudiono yang juga selaku Ketua DPRD Subang, bahwa pada masa penjajahan itu, Inggris menggunakan bangunan “Subang Plaza” tersebut, untuk mengumpulkan dana hasil perkebunan.

“Ya “Subang Plaza” yang kini menjadi “Hotel Subang Plaza” itu tadinya sebagai Kantor Administrasi Perkebunan P&T Land,” kata Beni.

Ia menjelaskan, Setelah menjadi kantor administrasi Inggris, bangunan tersebut sempat dipakai oleh penjajah lainnya seperti, Belanda dan Jepang, sampai akhirnya pada tahun 2000 bangunan tersebut, di rubah menjadi sebuah “Hotel Subang Plaza”, yang cukup representatif pada saat itu.

“Seiring berjalannya waktu, gedung tua bersejarah ini, yang dulunya sebagai kantor Administrasi P&T Land, tetapi entah apa penyebabnya, bangunan tua bersejarah ini pada tahun 2000 an lepas dari Aset Daerah menjadi aset pribadi, dan dijadikan sebuah “Hotel Subang Plaza”, dan Hotel ini sempat manjadi Hotel yang lumayan terkenal pada tahun 2005.

Namun pada akhirnya sang pemilik memutuskan untuk menjualnya. Tidak ada yang tahu alasannya kenapa ?, tetapi setelah dibiarkan kosong, kepemilikan bangunan ini telah beberapa kali berganti tangan,” ujar Beni. Dikatakan Beni, saat ini bangunan tersebut menjadi milik Rumah Sakit PTPN VIII, tapi sampai saat ini belum diadakan renovasi atau pembangunan, dan masih terlihat kumuh.

Source http://rri.co.id http://rri.co.id/post/berita/287145/budaya/bangunan_bekas_hotel_subang_plaza_ternyata_bekas_kantor_pt_land_di_masa_penjajahan_inggris_dan_belanda.html
Comments
Loading...