Sejarah Gedung SLB-B Don Bosco dan Dena Upakara

0 88

Gedung SLB-B Don Bosco dan Dena Upakara

Gedung SLB-B Don Bosco dan Dena Upakara. Seperti yang kita tahu, SLB B merupakan sekolah khusus bagi siswa tunarungu. Pada awalnya, para Suster Putri Maria dan Yosef telah membuka sekolah Dena Upakara di Jalan Mangli Wonosobo. Setelah situasi membaik pasca perang dunia II, dengan bekerja sama dengan Bruder Karitas, mereka membuka sekolah khusus tunarungu pada tahun 1953.

Akhirnya, tahun 1953 dibukalah lembaga khusus tunarungu bagian putera yaitu Don Bosco, yang terletak di Jalan Sambek No. 33 Wonosobo. Sedangkan Dena Upakara digunakan untuk mendidik anak tunarungu puteri di Jalan Mangli Wonosobo. SLB-B ini menggunakan metode pengajaran yang diambil dari ahli pendidikan tunarungu yaitu Dr. Van Uden. Hingga kini, siswa SLB-B Don Bosco dan Dena Upakara telah mencetak banyak prestasi diberbagai bidang.

Bangunan-bangunan diatas merupakan sebagian kecil dari banyaknya bangunan lama yang ada di Wonosobo. Tentunya masih banyak lagi bangunan bernilai historis yang belum saya bahas pada tulisan ini. Tapi inti dari tulisan ini adalah, bangunan-bangunan tersebut memiliki nilai historis yang menjadi saksi kemerdekaan bangsa Indonesia. Sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia bisa menghargai bangunan-bangunan bernilai historis tersebut dengan tetap mempertahankan keaslian bangunannya, dan tidak melakukan perusakan atau aksi vandalisme. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai pahlawannya. Salah satu cara menghargai jasa pahlawan adalah dengan menghargai bangunan bernilai historis yang ada di lingkungan kita.

Source https://andinapuspa.wordpress.com https://andinapuspa.wordpress.com/2015/06/29/menyusuri-bangunan-bernilai-historis-di-wonosobo/
Comments
Loading...