Sejarah Gedung Puma Plaza Tuban

0 116

Gedung Puma Plaza

Puma Plaza adalah nama gedung yang berada di Jl. Lukman Hakim di kota Tuban – Jawa Timur. Bangunan itu mangkrak sejak tahun 1997 yang menjadikannya kemudian terlantar karena tidak digunakan lagi.

Karena itu keadaan di sana tampak seram sekali. Rerumputan dan semak belukar tumbuh dengan liar dan suburnya. Belum lagi dengan jamur, lumut dan kerak yang tumbuh di dinding bangunannya menjadikannya tampak angker.

Gedung Puma Plaza yang berlantai tiga ini legendaris di daerah Tuban. Hal ini karena sudah sudah belasan tahun gedung itu mangkrak dan tidak digunakan lagi. Padahal entah sudah berapa miliar saja dana yang sudah dikeluarkan untuk pembangunannya.

Pada masa lampau sekitar tahun 1995an, Puma Plaza merupakan satu-satunya bangunan supermarket yang paling besar dan megah di Tuban. Entah karena apa, walau masih sepi kompetitornya saat itu, Puma Plaza tetap sepi oleh pengunjung.

Keadaan itu akhirnya membuat usahanya menjadi bangkrut yang kemudian pada akhirnya bangunan itu menjadi milik sebuah bank swasta.

Sejak saat itu nyaris tak ada aktifitas ekonomi apapun di sana, kecuali menjadi tempat orang berkumpul dan minum minuman tuak oleh warga setempat. Bila malam menjadi tempat tidur bagi gelandangan dan anak-anak jalanan.

Keadaan itu sudah tidak ada lagi setelah kawasan bangunan Puma Plaza ini dipagar rapat dan dipantau oleh petugas sekuriti.

Nuansa seram dan misteri sangat terasa sekali di sana. Dengan keadaan yang rusak, terbengkalai dan kotor, tentu gedung Puma Plaza ini sangat tepat dan nyaman menjadi istana bagi makhluk-makhluk gaib. Apalagi di seberang jalan juga terdapat pemakaman umum.

Suasana seram dan horor itu sangat terasa dengan keadaannya yang lembab baik di lorong, lantai bawah atau setiap lantainya. Terasa sekali ada banyak makhluk dunia gaib yang seolah mengawasi gerak-gerik kami saat itu.

Menurut Pak Imam, petugas security di Puma Plaza, di sana memang sering terjadi orang yang kesurupan bila berkata atau berbuat yang tidak baik. Hal ini selaras dengan nasihat seorang kakek warga setempat yang mengingatkan kami untuk mengucapkan salam jika naik ke lantai tiga.

Source http://jelajah-nesia2.blogspot.com http://jelajah-nesia2.blogspot.com/2015/03/gedung-puma-plaza-yang-seram-di-kota.html
Comments
Loading...