Sejarah Gedung PT.Boma Bosma Indra Surabaya

0 121

Lokasi Gedung PT.Boma Bosma Indra

Gedung PT.Boma Bosma Indra terletak di Jalan K.H. Mas Mansyur No. 229 Kelurahan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini berada di sebelah utara Hotel Mesir yang berjarak sekitar 500 meter.

Gedung PT.Boma Bosma Indra

Sejarah perusahaan ini diawali dari nasionalisasi tiga perusahaan Belanda yaitu NV. Constructie Winkel De Bromo (1865) yang berada di Pasuruan, NV. Nederlandsch Indische Industrie (1878) dan NV. Machinefabriek en Constructie-Werkplaats De Vulkaan (1918) yang berada di Ngagel, diambilalih Pemerintah Indonesia pada tahun 1958 yang dijadikan 3 perusahaan milik negara, yaitu PN Boma, PN Bisma dan PN Indra.

Dalam perkembangannya bersama Stork Werkspoor Sugar (Belanda) pada tahun 1974, sebuah perusahaan patungan yang didirikan dengan nama PT Bromo Steel Indonesia (PT Bosto) yang mengkonsentrasikan bisnisnya pada desain, manufaktur dan pembangunan pabrik gula, palm oilsteam boiler dan pressure vessel. Selanjutnya sesuai dengan berkembangnya sektor industri minyak dan gas, PT BBI melakukan kerjasama dengan beberapa kelompok perusahaan untuk mendirikan Panca Perkasa Inti Konstruksi (PPIK) yaitu perusahaan yang bergerak di bidang engineeringprocurement dan construction (EPC).

Pada tahun 2002 terbit Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 52 tahun 2002 tanggal 23 September 2002 tentang penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal saham PT BBI dan pembubaran perusahaan PT Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero), yang menetapkan Negara Replublik Indonesia mengambilalih seluruh penyertaan modal BPIS pada PT BBI sehingga saham yang diambil alih menjadi kekayaan negara, yang dikelola oleh Menteri Keuangan, serta menghapus Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 1998, sehingga sejak saat itu PT BBI menjadi Persero, dan di bawah koordinasi Kementerian Negara BUMN.

Gedung yang dulu dikenal dengan sebutan De Industrie ini telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) sesuai Surat Keputusan Walikota Nomor 188 45/251/402.104/1996 Nomor Urut 37.

Source Gedung PT.Boma Bosma Indra Surabaya
Comments
Loading...