Sejarah Gedung Koninklijke Paketvaar Maatschappij

0 51

Gedung Koninklijke Paketvaar Maatschappij

Gedung Koninklijke Paketvaar Maatschappij terletak di Jl. Medan Merdeka Timur No. 5, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat 10110. Gedung yang dirancang oleh F.J.L. Ghijsels, Heins von Essen dan Stolz ini dibangun antara tahun 1916-1918. Gaya arsitektur bangunannya adalah perpaduan antara klasik dan Art Deco. Gedung ini awalnya dibangun untuk kantor pusat Koninklijke Paketvaar Maatschappij (KPM), yakni sebuah perusahaan perlayaran dan perkapalan Belanda yang didirikan pada tanggal 12 Agustus 1888.

Gedung ini berbentuk empat persegi panjang yang terdiri dari tiga lantai dengan ubin teraso dan beratap genteng. Untuk menuju ke lantai dua gedung ini, terdapat tangga berbentuk sangat unik dan di atasnya terdapat lukisan dan tulisan Koninklijke Paketvaart Matsehappij.

Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini digunakan sebagai kantor urusan laut pemerintah Jepang. Saat ini gedung KPM dikelola dan digunakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut RI dan masih dalam kondisi asli serta terawat dengan baik.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2019/03/wisata-sejarah-di-jakarta-pusat/
Comments
Loading...