Sejarah Gedung KONI DIY

0 158

Lokasi Gedung KONI DIY

Gedung ini terletak di Jalan Trikora No. 4 Kampung Kauman RT.38 RW.11 Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Gedung KONI DIY

Dari data Potensi Budaya di Kecamatan Gondomanan Yogyakarta, diketahui bahwa bangunan gedung KONI ini didirikan pada tahun 1775 oleh masyarakat Tionghoa. Orang Tionghoa di Yogyakarta sudah mulai menetap sejak kota Yogyakarta pertama kali didirikan pada tahun 1755. Hal itu diikuti dengan adanya seorang kapten Tionghoa untuk daerah Mataram pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I bernama To In. Selain To In, ada sosok Tan Jin Sing yang menjadi kapten, penerjemah, asisten, sekaligus teman baik dari Sultan Hamengku Buwono III. Ia juga mempunyai peran penting dalam membantu Sultan Hamengku Buwono III menjadi sultan. Nama Jawanya adalah Secodingrat dan bergelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), yang kemudian menjabat bupati dan tinggal di Ndalem Secodingratan (sekarang menjadi Bank Indonesia).

Dari sejarah orang Tionghoa di Yogyakarta, terlihat bahwa masyarakat Tionghoa mempunyai hubungan yang erat dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Meskipun banyak masyarakat Tionghoa saat itu lebih berorientasi ke Barat dan Tiongkok, etnis Tionghoa di Yogyakarta tetap menghormati dan menghargai Sultan dan kraton sebagai penguasa Yogyakarta. Hubungan yang baik antara masyarakat Tionghoa dan Kesultanan Yogyakarta dapat terlihat dari bangunan klenteng yang berdiri di atas tanah milik Kesultanan Yogyakarta. Kesultanan Yogyakarta memberikan suatu wilayah untuk masyarakat Tionghoa bertempat tinggal dan membuka usaha serta berkumpul. Salah satunya tempat berkumpul orang-orang Tionghoa adalah gedung yang digunakan untuk kegiatan Gedung KONI ini.

Source Sejarah Gedung KONI DIY Jogja
Comments
Loading...