Sejarah Gedung KNKT Kementerian Perhubungan Jakarta

0 376

Lokasi Gedung KNKT Kementerian Perhubungan

Gedung ini terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No. 5 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Sejarah Gedung KNKT Kementerian Perhubungan

Sesuai dengan papan nama yang terpasang di gedung tersebut, tertulis KNKT dengan huruf yang lumayan besar. KNKT singkatan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi, sebuah komite keselamatan di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Jadi, bangunan berlantai 3 dengan dominasi warna putih tersebut adalah Gedung KNKT Kementerian Perhubungan.

Peter J.M. Nas dan Martien de Vletter (editor) dalam bukunya, Masa Lalu dalam Masa Kini: Arsitektur di Indonesia (PT. Gramedia, Jakarta, 2009) menulis, pada tahun 1916, Ir. Frans Johan Louwrens Ghijsels, seorang arsitek dari firma AIA (Algemeen Ingenieurs en Architectenbureau) merancang gedung kantor KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappij) di Batavia dan mengembangkan arsitektur modern yang diprakarsai P.A.J. Moojen.

Gedung KNKT tersebut pernah mengalami beberapa pemakaian di bawah kendali Kementerian Perhubungan terutama yang di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Namun, sekarang ini gedung berlantai 3 tersebut digunakan oleh organisasi di bawah Kementerian Perhubungan, yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Akan tetapi, karena papan nama yang terpampang lebih dominan KNKT maka bangunan tersebut akhirnya dikenal sebagai Gedung KNKT Kementerian Perhubungan.

Source Sejarah Gedung KNKT Kementerian Perhubungan Jakarta Jakarta
Comments
Loading...