situsbudaya.id

Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan

0 108

Lokasi Gedung Kantor Residen Pekalongan

Gedung Kantor Residen Pekalongan terletak di Jl. 1850 Pemuda No.45, Bar,  Kergon, Pekalongan Bar, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya di depan Monumen Juang Pekalongan, di sebelah Jalan Pemuda Pekalongan.

Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan

Menjelajahi bangunan tua di Kota Pekalongan memang tak ada bosannya. Selain memiliki seni arsitektur yang khas benua biru, juga terdapat sejarah maupun peristiwa penting didalamnya. Meski sudah berusia ratusan tahun, bangunan ini tetap gagah dan mempesona seakan tetap menampilkan kejayaan di masanya.

Kompleks bangunan tua seluas 2.745 m2 yang di bangun oleh Pemerintah Kolonial BelandaGedung Kantor Residen Pekalongan ini di perkirakan dibangun sekitar tahun 1850, sudah sangat tua lebih tua dari kota madya Pekalongan. Dengan gaya bangunan mengikuti trend arsitektur Eropa yang disesuaikan dengan iklim tropis indonesia, dimana terdapat atap yang tinggi disertai jendela berukuran besar.

Pembangunan Gedung Residen Pekalongan ini dilakukan setelah industri gula di wilayah Karesidenan Pekalongan mengalami kemajuan yang pesat, sehingga pemerintah Belanda membutuhkan sebuah kantor untuk mengatur roda administratif dan jalannya pemerintahan.

Pencetus pembangunan Kantor Residen Pekalongan adalah Residen J. Van Der Eb, ia memulai pembangunan atas dasar perintah dari Gubernur Hindia-Belanda Jan Jacob Rochussen. Pemerintah Hindia-Belanda saat itu memandang agar membuat pusat pemerintahan guna mengamankan kebijakan dan hasil perkebunan yang mampu menyumbang devisa Kerajaan Belanda. Selain untuk pusat administratif perkebunan, Gedung ini juga berfungsi sebagai Pusat Komando Pasukan Hindia-Belanda se-Karisidenan Pekalongan.

Source Gedung Kantor Residen Pekalongan
Comments
Loading...