Sejarah Gedung Kantor Perbendaharan dan Kas Negara Malang (KPKN)

0 22

Sejarah Gedung Kantor Perbendaharan dan Kas Negara Malang (KPKN)

Kawasan Alun-alun Kota Malang banyak terdapat bangunan peninggalan Belanda, setelah Gedung Bank Indonesia yang ada di sisi utara, di bagian selatan ada sebuah gedung yang saat ini ditempati oleh.

Gedung KPKN berada di Jl. Merdeka Selatan Np. 1-2. Berada di Kelurahan Kauman, Klojen. Lokasinya berada di sisi pojok seberang alun-alun dan bersebelahan dengan Kantor Pos.

Menurut Kementerian Keuangan, Gedung ini dibangun pada tahun 1927 sampai tahun 1929 atas naungan suatu badan “Tjung Hwa Hwei Kwan (THKK)” atau kalau dilafalkan lebih sering terdengar dengan kata Tionghoa. Gedung ini diperuntukkan sebagai gedung Sekolah Rakyat Cina (Hollandsch Chinesche School/HSC).

Saat operasi produk pada 31 Juli 1947, gedung ini ikut dibakar pejuang Indonesia agar tidak dimanfaatkan oleh Belanda.

Ketika Indonesia sudah mulai menata diri, gedung ini dipugar dan dijadikan sebagai kantor CKC (Central Kantoor De Comptabilited) dan tempat kas oleh pemerintah Belanda. Adanya CKC ini wajar karena Indonesia yang baru berdiri. Sehingga tata cara birokrasi pencairan dana melalui kas negara harus dipelajari dari Belanda.

Aturan kas dari Belanda memang masih relevan untuk diterapkan menggerakkan roda pemerintahan yang didasari pada norma-norma administratif (administratief beheer), perbendaharaan (comptabiliteit beheer), dan pengujian pengeluaran negara (wetmatigheid, rechmatigheid, dan doelmatigheid).

Setelah pemerintah Indonesia memegang Kas Negara sendiri, gedung ini dijadikan sebagai kantor KPPN (Kantor Pusat Perbendaharaan Negara) dan KKN (Kantor Kas Negara) yang sebelumnya berada di Bank Tunggal, Jalan Talun Lor Malang. Pada tahun 1951, pemerintah Indonesia menetapkan bahwa di tiap-tiap Karesidenan terdapat kas Negara.

Kemudian pada tahun 1968 nama KPPN dan KKN digabung menjadi KBN (Kantor Bendahara Negara). Sejarah terus berlanjut karena pada 1 April 1990 KPN dan KKN digabung menjadi KPKN (Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara). Tahun 2004 KPKN Malang berubah menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang tipe A.

Tahun 2008 KPPN Malang tipe A menjadi Tipe A1. Dan terakhir, melalui soft launching KPPN Percontohan tahap VI pada tanggal 2 Oktober 2012, KPPN Malang ditetapkan menjadi KPPN Percontohan. Sampai sekarang Gedung ini menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/01/20/gedung/
Comments
Loading...