Sejarah Gedung Jusuf Anwar

0 195

Gedung Jusuf Anwar

Gedung ini merupakan bagian dari bangunan induk Istana yang dirancang masa Daendels. Pembangunannya selesai pada tahun 1928 pada masa Du Bus. Di dalam bangunan ini terdapat loji yang merupakan tempat perkumpulan kaum Theosofi De Ster in het Oosten atau bintang timur.

Pada masa VOC dan Belanda, orang-orang Batavia yang berada di sekitar Lapangan Banteng menyebut gedung ini sebagai aula tempat pertemuan rahasia, selain itu gedung ini juga pernah dijadikan sebagai ruang tempat penyiksaan tahanan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Pada rentang waktu 12 Desember 1947 – 1 Mei 1948, Pemerintah Belanda menjadikan gedung ini sebagai Hooggerechtshof (Mahkamah Agung). Di dalam bangunan ini terdapat ruang tahanan dan ruangan untuk menerima tamu-tamu. Pada masa Menteri Keuangan Prijadi Praptosoehardjo (2000-2001) gedung ini dialokasikan sebagai tempat pengaturan Perbendaharaan Negara. Hingga saat ini Gedung Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan masih menempati Gedung Hoogiereshtshof (pengadilan tinggi) pada masa Belanda. Saat ini gedung eks Mahkamah Agung ini dikenal sebagai Gedung Prijadi Praptosuhardjo II yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara.

Source https://www.kemenkeu.go.i https://www.kemenkeu.go.id/profil/sejarah/heritage-bangunan-keuangan/
Comments
Loading...