Sejarah Gedung Juang Sulawesi Tengah

0 91

Sejarah Gedung Juang Sulawesi Tengah

Salah satu bangunan bersejarah di Kota Palu yang masih kokoh berdiri dan menjadi saksi sejarah perkembangan kota ini adalah Gedung Juang. Gedung Juang terletak di Kota Palu, tepatnya di Jalan Cempaka Putih, Kelurahan Lolu Utara Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Sebagaian besar dari masyarakat Kota Palu yang tinggal di perkotaan mengenal Gedung juang yang berdekatan dengan Taman Kota Palu. Dulu gedung ini dikenal dengan nama “Gezaghebber” yang bermakna sama dalam Bahasa Indonesia.

Gedung ini merupakan Kediaman Controleur Belanda dan di bangun pada tahun 1930an. Gedung juang juga merupakan tempat di jadikan pertemuan orang belanda dan para tokoh-tokoh pejuang Sulawesi Tengah pada masa lalu.

Gedung Juang memiliki nilai sejarah dan pernah beroperasi sebagai kantor pemerintahan pertamanan di Sulawesi Tengah pada saat Indonesia merdeka dan juga merupakan kantor pemerintahan pertama di Palu. Itulah sedikit ulasan tentang sejarah Gedung juang. Diharapkan dengan adanya sedikit Tulisan ini akan lebih banyak lagi perhatian dari seluruh pihak yang sadar dan tertarik menjadi bagian dari orang-orang yang dapat merawat peninggalan sejarah yang tertinggal di kota kita ini khususnya anak muda biar lebih tau paham mengenai sejarah dari Sulawesi Tengah.

Beberapa tahun belakangan Gedung juang sempat menjadi tempat paling sering dikunjungi oleh komunitas – komunitas anak muda. Mereka biasanya menggunakan Gedung Juang sebagai tempat pertemuan. Selain itu, Gedung Juang sering dijadikan sebagai Holding Area dan destinasi Pariwisata Bersejarah untuk wisatawan dan siswa yang melaksanakan Study Tour.

Source http://alcop.blogspot.com http://alcop.blogspot.com/2017/10/sejarah-gedung-juang-sulawesi-tengah.html
Comments
Loading...