Sejarah Gedung Indonesia Menggugat Bandung

0 465

Lokasi Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat terletak di JL Perintis Kemerdekaan, No. 5, Babakan Ciamis, Sumurbandung, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Sejarah Gedung Indonesia Menggugat

Nama Gedung Indonesia Menggugat Bandung memang rupanya diambil dari judul pidato pada pembelaan yang dibuat oleh Soekarno dan ia bacakan sendiri di salah satu ruang di gedung ini pada saat sidang pengadilan kasus politiknya tahun 1930. Pada jaman kolonial, Gedung Indonesia Menggugat merupakan gedung pengadilan kolonial Belanda.

Pada awalnya, gedung ini berfungsi sebagai rumah hunian. Beberapa literatur menyebutkan bahwa gedung ini sempat mengalami renovasi akibat kebakaran. Setelah renovasi, gedung ini kemudian beralih fungsi menjadi Landraad atau Gedung Pengadilan Negeri Belanda pada tahun 1917. Mulai saat itu gedung ini terkenal dengan nama Den Landraad Te Bandoeng.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 2 Desember 1930, di gedung ini Soekarno membacakan Pledoi fenomenanya yang berjudul Indonesia Menggugat (Indonesië Klaagt Aan). Pledoi ini dibacakan Soekarno sebagai pembelaan sekaligus kegeraman pada penangkapannya.

Di masa kemerdekaan, gedung ini menjadi aset penting Bangsa Indonesia. Pengalihan fungsi pun terjadi beberapa kali. Pada periode 1947-1949, gedung ini menjadi kantor Palang Merah Indonesia. Periode selanjutnya, 1950- 1970, gedung ini menjadi Kantor Urusan Keuangan negara. Dan periode selanjutnya, gedung ini dialihfungsikan lagi sebagai kantor Jawatan Metrologi selama hampir 3 dekade.

Hingga pada tahun 1999, tercetuslah ide dan wacana tentang pelestarian aset gedung bersejarah di kota bandung. Salah satunya pelestarian Landraad sebagai aset sejarah. Wacana ini berakhir pada tahun 2002 dengan ditandatanganinya sebuah prasasti oleh Gubernur Jawa Barat, Ketua Umum Paguyuban Pasundan dan Presiden Indonesia, Megawati Soekarno Poetri.

Nama Gedung Indonesia Menggugat diberikan pertama kali pada 2005 oleh Prof.Dr. (HC) Letjen TNI (Purn) Mashudi, Gubernur Jawa Barat 1960 -1970 dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka 1978 – 1993. Selanjutnya Gedung Indonesia Menggugat diresmikan sebagai ruang publik pada 18 Juni 2007 oleh Pemerintah Kota Bandung.

Source Sejarah Gedung Indonesia Menggugat Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...