Sejarah Gedung Eks Kodim 0505 Jakarta Timur

0 364

Lokasi Gedung Eks Kodim 0505 Jakarta Timur

Gedung ini terletak di Jalan Bekasi Timur No. 73 Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.

Gedung Eks Kodim 0505 Jakarta Timur

Menurut catatan sejarah yang ada, gedung ini berdiri di atas lahan milik Meester Cornelis Senen yang mengembangkan daerah tersebut pada mulanya. Makanya, daerah tersebut dikenal dengan daerah Meester Cornelis (nama lawas Jatinegara). Momentum perkembangan Meester Cornelis menjadi kota perdagangan terjadi pada tahun 1621, ketika seorang guru agama Kristen yang berasal dari Pulau Lontar, Banda, Maluku, Cornelis Senen, merintis dan mengusahakan tanah di daerah tersebut atas izin Pemerintah Hindia Belanda. Tambahan kata Meester untuk Cornelis Senen merupakan penghargaan masyarakat setempat akan pengadiannya sebagai pengajar Injil, sehingga nama Cornelis Senen jadi sering dipanggil dengan Meester Cornelis.

Di situ, Meester Cornelis juga diangkat sebagai penguasa setempat di daerah tersebut oleh Pemerintah Hindia Belanda. Awalnya, bangunannya belum semegah ini. Hanya semacam kediaman Cornelis Senen yang memiliki halaman begitu luas. Sepeninggal Cornelis Senen pada tahun 1661, riwayat penggunaan bangunan bekas kediaman Cornelis Senen tidak begitu jelas. Diperkirakan tetap menjadi kediaman penguasa setempat juga.

Selang setahun, tepatnya pada 2008, gedung Eks KODIM 0505 Jakarta Timur tersebut direnovasi oleh Pemprov DKI Jakarta. Hasilnya terlihat baru dan megah kembali. Hanya saja peruntukkan setelah direnovasi belum terlihat dengan jelas. Apakah akan menjadi museum atau Pusat Kesenian Betawi? Masih belum ada kabar yang jelas. Karena belum jelas penggunaannya, maka di halaman depan gedung tersebut diberi label Gedung Eks MAKODIM 0505/JTM. Hal ini didasarkan pada pengguna terakhir dari gedung berwarna putih nan kokoh ini.

 

 

Source Sejarah Gedung Eks Kodim 0505 Jakarta Timur Jakarta
Comments
Loading...