Sejarah Gedung DPRD Tingkat II Semarang

0 21

Gedung DPRD Tingkat II

Berada di Jl Pemuda No 148, Gedung DPRD Pemerintah Daerah Tingkat II Kota Semarang, semula merupakan Villa Famili Gimberg, Sekarang Kantor Walikota dan Gedung DPRD.

Pertama kali dibangun sebagai villa milik gamili Gimberg. Villa seperti ini banyak ditemui di jalan Pemuda, yang mayoritas dimiliki oleh orang kaya berkebangsaan Belanda. Villa ini memiliki halaman depan yang sangat luas. Karena halaman yang sangat luas ini, villa ini dialih-fungsikan menjadi kantor Walikota dan Kantor DPRD Tingkat II Semarang.

Pada tahun 1960-an digunakan untuk DPU Kotamadya Semarang. Pada tahun ini terjadi penambahan dinding berjendela pada bagian depan. Kemudian pada tahun 1980-an terjadi perubahan besar-besaran. Pilar-pilar ditutup dan bagian depan ditambahkan kanopi bergaya Romawi Kuno. Ditambahkan juga bangunan yang sama sekali baru dan bertingkat banyak, di bagian belakang gedung lama, dengan oramen yang disesuaikan dengan bangunan yang sudah ada. Sebetulnya pada bagian tengah terdapat bangunan, tetapi sudah dirobohkan

Komplek bangunan merupakan satu-satunya bangunan kantor pemerintahan yang mempunyai gaya Arsitektur Eropa yaitu perpaduan antara Arsitektur Yunani dan Romawi Kuno. Integritas arsitektur tercermin pada langgam Klasik – Ionic yang dianut oleh bangunan ini, dengan hasil-hasil kekriyaan berupa ukiran pada bagian facade bangunan yang diselesaikan dengan cermat dan sangat halus. Bahan batu bata yang digunakan yaitu batu bata menambah kesan anggun pada bangunan yang menampakkan tipikal bangunan villa ini.

Peran bangunan sebagai pembentuk citra kawasan jalan Pemuda sebagai jalan protokol sangat kuat, selain itu hadirnya bangunan ini menjadikan kawasan seputar komplek Balai Kota ini berkesan resmi dan monumental.

Source http://seputarsemarang.com http://seputarsemarang.com/gedung-dprd-tingkat-ii/
Comments
Loading...