Sejarah Gedung Bekas Bank Pacific Bandung

0 189

Gedung Bekas Bank Pacific

Gedung Dekat Hotel Grand Preanger atau Eks Bank Pacific Jalan Tamblong No. 12-18 Bandung, 40112, Bandung Jawa Barat. Gedung yang berada di samping Hotel Grand Preanger dibangun sekira tahun 1925. Tembok-tembok di dekat gedung tersebut sering menjadi media untuk menggambar oleh seniman jalanan. Dinding-dinding itu sering dicat dan kemudian berubah lagi menjadi coretan para seniman jalanan.

Gedung yang terpisahkan oleh Jalan Tamblong dengan Hotel Grand Preanger ini awalnya digunakan oleh International Credit en Handelsvereeniging Rotterdam. Lembaga keuangan tersebut merupakan bank swasta yang mengambil alih peran lembaga keuangan bentukan Hindia Belanda yakni Nederlansche Handels-Maaatschapij (NHM ) di tanah Jawa.

Seperti bank-bank lainnya, setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi bank-bank Belanda tersebut. Termasuk Bank Pasifik yang dimerger dengan Bank Dagang Indonesia NV. Termasuk juga gedung-gedungnya yang beralih kepemilikan.

Bangunan tersebut sering digunakan berbagai tempat usaha. Menurut Info Pikiran Rakyat, sekira 1960 bangunan di bagian sayap utara digunakan klab malam. Adapun bangunan sayap selatan digunakan oleh perusahaan taksi. Pernah juga disewakan menjadi beberapa toko. Sekarang di sana terlihat ada toko buku yang masih buka.

Setelah lama menjadi pusat bisnis yang meramaikan kawasan Tamblong, gedung yang menghadap ke sisi Hotel Grand Preanger ini dikosongkan pada 1980-an. Akibatnya gedung ini dibiarkan tidak terawat. Awal tahun 1990-an pernah digunakan kantor lembaga keuangan (bank).

Gedung ini bergaya arisitektur Proto-Art Deco. Ciri-cirinya terlihat pada bagian kedua menara bangunan yang terlihat simetris, tajam dan rapih. Ciri lainnya adalah pemakaian material seperti kaca patri yang dipasang di atas pintu dan jendela gedung.

Gedung ini pernah dirobohkan setelah mendapat izin Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pada 1980-an. Izin tersebut diberikan karena konstruksi bangunannya yang sudah tua dikhawatirkan membahayakan penghuninya. Seluruh bangunan diganti dengan merekonstruksi ulang. Gedung baru berdiri di sana namun bentuknya sama dengan yang aslinya. Pada 1990-an Bank Pacific tutup dan sempat kosong dan tidak terawat. Sekarang gedung tersebut digunakan untuk perkantoran dan masih terawat.

Source https://www.serbabandung.com https://www.serbabandung.com/hotel-grand-preanger/
Comments
Loading...