Sejarah Gedung BAT Cirebon

0 933

Lokasi Gedung BAT Cirebon

Gedung BAT Cirebon terletak di Jl. Pasuketan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111.

Gedung BAT Cirebon

Gedung BAT Cirebon adalah termasuk Benda Cagar Budaya nomor satu di Kota Cirebon. Gedung BAT Cirebon yang umurnya sudah cukup tua ini terletak di Jl. Pasuketan, Kampung Kebumen, persis di seberang kanan Gedung Bank Mandiri, dengan bentuk yang memanjang tinggi, di tepi jalan yang dinaungi dengan pohon palm yang rindang.

Gedung BAT Cirebon mulai digunakan pada 1924, dirancang F.D. Cuypers & Hulswit bergaya Art Deco, gaya yang bermula pada awal 1920-an dan digunakan sampai setelah Perang Dunia II. Struktur Art Deco berdasar pada bentuk geometris matematis yang terlihat elegan, glamor, fungsional dan modern.

Sejak Mei 2010 Gedung BAT Cirebon yang dimiliki oleh PT Bentoel International Investama (BINI) ini sudah tidak lagi digunakan untuk memproduksi rokok, dan menurut kabar akan dijual oleh pemiliknya dengan harga yang bisa bernilai ratusan miliar rupiah.

Bagian tengah Gedung BAT Cirebon dengan tulisan tahun pembuatan gedung menempel pada dinding depan “Anno 1924”. Sebagian Gedung BAT Cirebon ini berlantai dua. Lubang-lubang hawa kecil bertebaran pada dinding secara simetris dan menjadi hiasan.

Karena posisinya yang strategis, Kota Cirebon memiliki banyak gedung tua warisan kolonial Belanda yang tertebar di berbagai tempat. Meski penjajahan merupakan episode pahit, hanya saja warisan seperti ini patut dijaga, karena bagaimana pun juga dibuat dengan harta dan penderitaan rakyat.

Source Sejarah Gedung BAT Cirebon Jawa Barat
Comments
Loading...