Sejarah Gedung Bandung Medical Centre

0 109

Gedung Bandung Medical Centre

“Gedung ini dulunya adalah Rumah Sakit Sartika Asih sampai tahun 1995, kemudian diteruskan oleh BMC tahun 2000. Saat bangunannya beres, ternyata tidak jadi diresmikan. Gak tahu kenapa,” kata Rohman ketika ditemui PR pada Selasa, 24 Januari 2017.

Pria yang bekerja di Rumah Sakit sejak tahun 1976 itu menjelaskan, dulu sempat dilakukan renovasi dan pemindahan barang-barang keperluan rumah sakit, tapi hingga saat ini tidak ada kejelasan proyek tersebut akan dilanjut atau tidak. Jika tidak ada aktivitas lagi, maka selama 17 tahun gedung itu dibiarkan terbengkalai tanpa alasan yang jelas.

Saking sepi dan tak ada aktivitas, tempat ini banyak disebut sebagai tempat horor dan angker. Hal tersebut banyak tertulis di berbagai forum ketika kami mengetik “bandung medical centre”. Akhir-akhir ini, banyak pengunjung yang datang hanya sekadar ingin tahu seberapa seram gedung tersebut. “Malah (sekarang) jadi banyak orang yang datang ke sini gara-gara ramai di radio. Entah kenapa, saya juga heran” ucap Rohman.

Bangunan terbengkalai tidak hanya di daerah Bandung Medical Centre saja. Sejumlah kawasan lain di pusat kota juga ternyata sama-sama terbengkalai tanpa aktivitas. Beberapa diantaranya adalah gedung pertokoan di Jl Pecinan Lama. Meskipun sebelahnya adalah pusat perbelanjaan Pasar Baru, Gedung yang berdiri di sudut jalan ini nyaris tak terawat dengan tembok yang retak. Kawasan pertokoan di Jl Waringin dan Jl Sudirman pun hampir sama keadaanya.

Ketua Bandung Heritage Aji Bimarsono menyanyangkan jika ada bangunan di pusat kota yang tak terawat. Ia mengatakan, Kawasan Pecinan tersebut (Jl. Waringin dan sekitarnya) penting untuk dilestarikan; karena itu, perlu ada strategi revitalisasi kawasan dengan pendekatan pelestarian budaya.

“Jadi, selain melestarian bangunan & kawasan, perlu dipikirkan juga perbaikan sarana prasarana & peningkatan kegiatan ekonominya” ucap ketua Paguyuban yang fokus terhadap isu pelestarian cagar budaya tersebut.

Source https://www.pikiran-rakyat.co https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/02/07/gedung-bandung-medical-centre-nasibmu-kini-392770
Comments
Loading...