Sejarah Gedung Balai Sahabat Surabaya

0 184

Lokasi Gedung Balai Sahabat

Gedung ini terletak di Jalan Gentengkali No. 89-91 Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasi gedung ini berdampingan dengan Taman Budaya Jawa Timur atau sebelah timur Museum Kota Surabaya.

Sejarah Gedung Balai Sahabat

Awalnya, gedung Balai Sahabat ini merupakan gedung perkumpulan orang-orang Jerman bernama Deutscher Verein (Gebouw van de Deutscher Verein). Nama ini berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari dua kata, yaitu Deutscher dan Verein. Deutscher berarti orang-orang Jerman, sedangkan Verein artinya perkumpulan atau klub.

Sesuai namanya, gedung Deutscher Verein dulu digunakan untuk tempat pertemuan orang-orang Eropa pecinta seni dansa yang ada di Surabaya, khususnya orang-orang Jerman dan terkadang orang Belanda juga.

Gedung ini dibangun pada tahun 1928 dan selesai pada tahun 1930 dengan menggunakan hasil rancangan Ir. Bruno Nobile de Vistarini dari Landsgebouwendienst (Jawatan Gedung Negara). Vistarini adalah seorang arsitek kelahiran Austria yang kemudian berkarya di Hindia Belanda. Sebelumnya ia adalah arsitek swasta, dan mengawali bekerja di Landsgebouwendienst ia mengerjakan sejumlah gedung di Surabaya yang waktunya hampir bersamaan dengan pembangunan gedung Deutsche Verein ini, seperti Christelijke Mulo-school (Embong Wungu), Christelijke Hollandse-Chinese school (Bubutan), dan Kantoorgebouw van de ‘Droogdok Mij’ (Tanjung Perak). Selain itu juga menjadi panasihat di NV Volkshuisvesting Soerabaja dan merancang beberapa jalan serta pengembangan daerah Ketabang Timur.

Bangunan ini penting dalam perkembangan lingkungan sekitar Jalan Gentengkali dan Tunjungan. Dalam sejarah bangunan, Balai Sahabat merupakan pelopor gedung pertunjukan yang terbaik di Surabaya pada zamannya. Oleh sebab itu, penting untuk dipertahankan sebagai bangunan cagar budaya (BCB). Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Surabaya Nomor 188.45/300/436.1.2/2009 tentang Penetapan Bangunan dan Lingkungan Gedung Balai Sahabat di Jalan Gentengkali Nomor 89-91 Surabaya sebagai Bangunan dan Lingkungan Cagar Budaya.

Source Gedung Balai Sahabat Surabaya Jawa Timur
Comments
Loading...