Sejarah Gedung Bakorwil Pekalongan

0 134

Lokasi Gedung Bakorwil Pekalongan

Gedung Bakorwil Pekalongan terletak di Jalan Diponegoro, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Gedung Bakorwil Pekalongan

Gedung Bakorwil yang terletak di kawasan Jetayu mempunyai sejarah tersendiri bagi Kota Pekalongan. Gedung kuno dengan arsitektur Eropa dahulunya merupakan Rumah Jabatan yang dipakai Residen Pekalongan tempo dulu istilah kerennya adalah Rumah Dinas bagi Residen, kawasan Jetayu dikelilingi dengan bangunan-bangunan tua yang penuh sejarah dan eksotisme tersendiri, atas dasar itu pula kawasan ini menjadi kawasan Budaya Jetayu yang dalam waktu mendatang akan menjadi kawasan cagar budaya bagi Kota Pekalongan.

Gedung ini juga disebut dengan Rumah Jabatan Pembantu Gubernur Jawa Tengah sekarang dirubah menjadi Gedung Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil). Rumah Jabatan Residen Pekalongan ini memiliki luas lebih dari 5000 m2 yang mulai dibangun pada tahun 1850, hampir sama dengan Kantor Residen yang berada di jalan Pemuda pada era Residen J. Van der Eb yang menjabat sebagai residen Pekalongan dari tahun 1849 – 1852. Perlu waktu 3 tahun lamanya untuk menyelesaikan seluruh bangunan Rumah Dinas bagi Residen Pekalongan ini. Residen George Johan Peter van del Poel adalah orang pertama yang menempati rumah dinas ini.

Bangunan Gedung Bakorwil

Gedung Bakorwil (bagian dalam)

Gedung ini bercirikan tembok tebal, langit-langit tinggi, bagian depan terdapat pilar-pilar besar serta pintu dan jendela yang berukuran besar pula. Di kelilingi dengan halaman yang sangat luas serta banyak pepohonan yang membuat sejuk, adem dan asri rumah ini.

Banyak pula orang-orang yang menjadikan bangunan/ halaman rumah ini sebagai latar acara resepsi mereka, tak sedikit pula para kawula muda yang melakukan hobi mereka berburu foto di tempat ini. Keindahan dan keseraman nampak pada bangunan rumah ini, pada bagian selatan bangunan ada sebuah bengunan yang nampak sangat menyeramkan karena lokasi yang sepi ditambah dengan wujud bangunan tua.

Source Gedung Bakorwil Pekalongan
Comments
Loading...