Sejarah Gedong Air Lampung

0 320

Lokasi Gedong Air

Gedong Air adalah kelurahan yang berada di kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Sejarah Gedong Air

Bangunan penampung air ini dibuat pada tahun 1905 atau 1908. Bertahun-tahun tidak dirawat, membuat pintu-pintunya sulit dibuka.Karena usianya sangat tua, mitos pun menyertai. Menurut Wisnu, pensiunan karyawan PDAM Way Rilau yang menetap di sana sejak 1991, sering melihat penampakan makhluk yang berdiri atau jalan di atas bangunan PAM Gedong Air.

Selain itu, suara derap sepatu tentara Belanda juga kerap terdengar. “Kalau penampakan atau suara seperti serdadu sedang berjalan, sering saya lihat dan dengar,” kata Wisnu saat ditemui. Pada masa Belanda, Gedung Air ini menjadi penampungan air berasal dari Langkapura, sebelum dibagikan kepada warga sekitar. Memasuki bangunan ini, terlihat alat-alat pengaturan air dengan buka tutup. Alat itulah yang mengatur wilayah mana lebih dulu dibagi dan mana yang menunggu giliran disuplai air.

Di dalam bangunan Gedung Air ada bak penampungan air yang cukup besar. Di atasnya ditutup dengan cor sangat kuat. Untuk naik ke pucuk bangunan sangat sulit. Pintu besi di depan bangunan, masih asli. Ada sebuah tangga naik kemudian tangga untuk turun.

.Dengan demikian, nama Gedong Air yang kini menjadi kelurahan dengan nama yang sama, dikarenakan oleh kebiasaan lidah masyarakat untuk menyebut kantor PAM ini. Selebihnya, tidak banyak warga yang mengetahui asal-usul bangunan Gedong Air tersebut. Mitos atau cerita-cerita misteri juga sulit diperoleh.

 

Source Sejarah Gedong Air Lampung lampung
Comments
Loading...