Sejarah Gapura Kaibon Banten

0 362

Lokasi Gapura Kaibon

Gapura Kaibon terletak di Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten, Indonesia.

Sejarah Gapura Kaibon

Gapura Kaibon di Kasunyatan Serang Banten adalah Gapura khas Banten. Gapura Kaibon melambangkan Daerah Propinsi Banten sebagai pintu gerbang peradaban dunia, perekonomian dan lalu lintas internasional menuju era globalisasi. Gapura ini awalnya dibangun di Keraton Kaibon, yang berada di Banten Lama. Kemudian gapura ini dijadikan gapura khas Banten, ditandai dengan banyaknya penggunaan gapura kaibon sebagai gerbang utama masuknya bangunan, terutama bangunan pemerintahan, pendidikan dan perkantoran.

Kaibon berasal dari kata ka-ibu-an, tempat tinggal yang diperuntukkan bagi ibunda Sultan. Terletak sekitar 500 meter sebelah tenggara Keraton Surosowan. Pada tahun 1832, bangunan Keraton Kaibon dihancurkan oleh Belanda, saat ini yang tersisa hanya bagian pondasinya, runtuhan dinding dan sisi kiri dari bagian pintu masuknya.

Konstruksi bangunannya cukup sederhana, yaitu dengan material batu bata yang ditumpuk, dilapisi dengan pasir beserta semen, gapura khas Banten ini dibangun. Berdasarkan kedalaman letaknya, pembangunan gapura ini menggunakan pondasi dangkal dengan jenis pondasi menerus. Pondasi menerus dipasang di bawah seluruh panjang dinding gapura dengan lebar dasar sama besar dan terletak pada kedalaman sama.

Gapura Kaibon ini sangat mudah ditemukan di wilayah Banten, terutama Kota Serang. Hal ini dikarenakan setiap bangunan pemerintahan kantor atau bangunan lainnya diwajibkan untuk membuat gerbang utama dengan desain Gapura Kaibon.

Source http://www.teluklove.com/ http://www.teluklove.com/2017/04/destinasti-objek-wisata-gapura-kaibon.html
Comments
Loading...