Sejarah Galeri Soemardja

0 79

Galeri Soemardja

Galeri Soemardja adalah galeri universitas tertua di Indonesia dan di Bandung. Galeri tersebut didirikan pada tahun 1974. Nama galeri diambil dari dari tokoh penggagasnya yakni Soemardja Syafe’i. Beliau salah satu tokoh pendiri sistem pendidikan seni di Indonesia.

Sosok Syafe’i Soemardja tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya ITB. Pria kelahiran Bandung 14 Mei 1907 ini merupakan Ketua Pelaksana Pendirian Institut Teknologi Bandung yang kemudian diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 2 Maret 1959. Ia pernah menjabat Ketua Persatuan Guru Indonesia (PGRI) yang pertama dan pencetus berdirinya Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda. Soemardja wafat pada tahun 1974. Tanggal 10 November 2010 ia menerima Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sesuai dengan misinya ini galeri tersebut dipakai untuk pameran seni kontemporer. Para mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB memanfaatkan galeri mempelajari pengelolaan pameran dan program seni karya kuratorial dan relawan. Seiring berjalannya waktu untuk merangsang masyarakat mengenal seni kontemporer Galeri Soemardja melakukan program seni lainya seperti diskusi, seminar dan lokarya seniman serta ahli seni baik regional, nasional maupun internasional. Selain itu juga mengakomodasi praktik seni rupa lainnya, termasuk desain industri, arsitektur, kerajinan, fotografi, dan budaya visual pada umumnya.

Galeri ini mempunyai ruang pameran berukuran sekira 150 meter persegi, tinggi empat meter di satu sisi dan 2,4 meter di sisi lainya dilengkapi dengan fasilitas layaknya galeri seni yakni pencahayaan dan panel yang dapat dilepas. Bangunan galeri merupakan bagian dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, dan terletak di dekat lapangan rumput dari Aula Timur, dalam kampus Institut Teknologi Bandung.

Source http://info.pikiran-rakyat.com http://info.pikiran-rakyat.com/?q=direktori/galeri/kota-bandung/galeri-soemardja
Comments
Loading...