Sejarah Djalan Bank

0 124

Djalan Bank

Jalan Bank. Jalan ini membentang dari ujung timur di pertemuan dengan Jalan Veteran depan Stasiun Garoet, pada jaman kolonial disebut Stationstraat tapi kemudian pernah berganti nama jadi Jalan Kenari, sampai ujung barat di pertigaan dengan Jalan Cimanuk. Entah sejak kapan dinamai Jalan Bank. Yang jelas, di Jalan Bank ini berdiri sebuah bangunan yang pernah digunakan sebagai kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sekarang, BRI cabang Garut sudah menempati gedung baru di Jalan A. Yani, bekas lokasi Pengadilan Negeri Garut.

Mungkin keberadaan kantor BRI inilah yang membuat jalan di depannya itu dinamai Jalan Bank. Namun sebenarnya, gedung yang menjadi Kantor BRI seperti tampak pada foto di atas itu sebelumnya adalah rumah milik sebuah keluarga orang Belanda yang tinggal di Garoet, keluarga Holthuis. Rumah ini bersebelahan dengan rumah keluarga Drissen, masih satu famili dengan Thilly Weissenborn, fotografer wanita pemilik studio foto “Lux” Garoet, salah seorang yang doeloe telah membuat Garoet terkenal melalui karya-karya fotonya. Doeloe, Jalan Bank memang salah satu daerah pemukiman elit orang-orang Belanda. Bekas-bekasnya bisa dilihat dari jejeran rumah yang sekarang menjadi mess perwira Kodim, kantor Camat Garut Kota, dan lapangan tenis.

Di Garoet, keberadaan “bank rakyat” yang kemudian menjadi BRI sudah tercatat pada dua tahun sebelum masuk era 1900an. Pada jaman kolonial, cikal bakal BRI memang sudah dikenal dengan nama “Volksbank” atau Bank Rakyat, yang didirikan di Purwokerto tahun 1895. Nah, Volksbank kemudian berdiri di Garoet pada tahun 1898. Jadi, Garoet termasuk jajaran kabupaten di seantero Hindia Belanda yang awal-awal punya Volksbank.

Source https://naratasgaroet.net https://naratasgaroet.net/2016/09/09/djalan-bank/
Comments
Loading...