Sejarah Desa Prambatan

0 78

Desa Prambatan

Desa yang terletak di Kecamatan Kaliwungu tersebut, lagi-lagi menurut legenda yang turun temurun melalui gethok tular dari generasi terdahulu ke generasi penerusnya yang lebih muda, berkait dengan kisah Ratu Kalinyamat, istri Pangeran Hadirin yang tewas di tangan Haryo Penangsang.

Kepada penguasa saat itu, yakni Sunan Kudus, ia bermaksud menuntut balas atas kematian suaminya. Namun ternyata, sang Sunan menolak upaya tersebut. Ratu Kalinyamat pun akhirnya kembali ke Jepara, tempat asalnya, diiringi pengikutnya dengan tertatih-tatih (merambat-rambat) karena sedih tuntutannya untuk membalas kematian suaminya tidak disetujui. Maka, pengikutnya pun mengamati perilaku Sang Ratu, dan akhirnya menamakan daerah tersebut dengan Desa Prambatan.

Rasanya memang sulit, untuk meneliti orisinalitas legenda-legenda tentang asal-usul nama suatu daerah tersebut. Mengingat, dalam penggalian datanya, seperti yang dilakukan tim dari Disparbud Kudus melalui Kasi KKNT dalam menyusun data kesejarahan 2004, unsur subjektivitas penutur cerita bukan tidak mungkin turut memengaruhi legenda yang ada.

”Sekali lagi, meski berasal dari sumber warga lokal, legenda tersebut perlu untuk dikaji secara lebih komprehensif, guna menajamkan orisinalitasnya,” ujar Giyono.

Hal senada dikemukakan oleh pegiat seni yang juga merupakan seorang pendidik di Kudus, Mukti Sutarman Espe, yang menganggap perlunya dikaji nilai kesejarahan dari legenda-legenda tersebut untuk menentukan kadar otentitas dan objektivitasnya, jika hal tersebut dimaksud untuk menggali unsur historisnya.

Source http://peganjaran-net.blogspot.com http://peganjaran-net.blogspot.com/2012/06/asal-usul-desa-prambatan.html
Comments
Loading...