Sejarah Desa Pampang Kalimantan Timur

0 224

Lokasi Desa Pampang

Desa Pampang adalah satu desa budaya yang terdapat di Sungai Siring, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Sejarah Desa Pampang

Sejarah dari Desa Pampang ini berawal dari Sekitaran th. 1960-an, Pada saat itu Suku Dayak Apokayan serta Kenyah berdomisil di lokasi Kutai Barat serta Malinau, yang lalu pindah lantaran tidak ingin berhimpun atau tidak mau turut kedalam lokasi Malaysia dengan motif serta harapan skala pendapatan atau ekonomi yang menjanjikan. Rasa nasionalisme mereka berikut yang lalu bikin mereka pilih tinggal serta tetaplah berhimpun dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lalu Mereka meniti perjalanan panjang serta berpindah-pindah sepanjang bertahun-tahun, cuma dengan jalan memakai ke-2 kaki. Untuk bertahan hidup, mereka berkunjung di beberapa tempat yang di lewatinya serta lalu berladang. Kehidupan mereka selalu saja berpindah-pindah untuk berladang. Hingga pada akhirnya mereka hingga di lokasi Pampang. Serta pada akhirnya mereka mengambil keputusan untuk hidup di Desa Pampang serta lakukan beragam aktivitas orang-orang, seperti bergotong-royong, merayakan natal, serta panen raya berbarengan.

Desa Pampang lalu diresmikan sebagai desa budaya pada bulan Juni tahun 1991 oleh Gubernur Kalimantan Timur HM Ardans. Lantaran Pemerintah terasa begitu ketertarikan dengan desa budaya ini yang mempunyai aktivitas positif serta dapat jadi aset wisata unggulan baik di tingkat wisata lokal bahkan juga hingga menuju ke mancanegara.

Tiap-tiap tahunnya, di desa Pampang di gelar acara untuk memperingati hari lagi th., yang dimaksud dengan nama Pelas Th.Satu lagi ritual yang sampai saat ini tetap masih dilestarikan yaitu upacara Junan. Upacara Junan adalah kebiasaan yang telah berusia beberapa ratus tahun, tetapi sampai saat ini tetap masih dikerjakan. Junan yaitu ritual yang mengambil gula dari batang tebu lewat cara diperas memakai kayu ulin.

Melalui desa ini, pemerintah mengharapkan desa ini dapat selalu untuk pelihara serta melestarikan kebiasaan istiadat serta kebudayaan orang-orang Dayak. Desa Budaya Pampang, saat ini kerap dikunjungi oleh tamu-tamu VIP yang datang menuju Kalimantan Timur baik itu turis lokal serta turis dari mancanegara. Turis serta beberapa pengunjung yang terasa penasaran menginginkan lihat segera eksotisme budaya desa Pampang, kebiasaan istiadat serta sosok orang-orang Dayak, yang memanglah telah populer didunia.

Source Sejarah Desa Pampang Kalimantan Timur Kaltim
Comments
Loading...