Sejarah Desa Makroman

0 61

Desa Makroman

Konon, pada tahun 1962 di daeah jawa pemerintah mengadakan transmigrasi penduduk jawa ke daerah  daerah yang belum padat penduduknya. Pada masa itu yang menjadi persiden adalah SOEHARTO. Pada tahun itu pemerintah menyebar penduduk ke seluruh daerah di Indonesia iya, salah satunya ke daerah Kalimantan. Karena Kalimantan belum ada penduduknya alis masih hutan lebat.

Orang-orang yang menjadi transmigrasi mempunyai badan yang besar-besar dan tinggi. Orang-orang ini menyebar ke seluruh darah di wilayah Kalimantan. Karena sebab itu lah daerah tersebut di beri nama “MAKROMAN” yang berasal dari kata “MAKRO” yang berarti besar (karena orang-orang yang pertama kali dating ke makroman itu mempunyai badan yang besar dan tinggi) dan “MAN” yang berarti “manusia”. Untuk mengenang mereka maka daerah tersebut di beri nama “Makroman”.

Selama orang – orang ini berada di makroman, mereka banyak mendirikan Fasilitasi-fasilits umum yaitu di antaranya : masjid, sekolah dasar, klinik, balai desa. Karena mereka sangat memperhatikan ibadah, pendidikan, kesehatan dan musyawarah.

Ada yang menarik dari Masjid yang di bangun oleh Orang makroman pertama ini, masjid itu mempunyai cirri khas yaitu mempunyai 1 tiang penyanggah di dalam masjid yang mempunyai arti satu pelindung untuk untuk semua dan selalu utuh bersatu.Masjid ini dulu mempunyai nama “Masjid Jammi” yang artinya pertama dan untuk semua. Namun, sayang semua bangunan-bangunan itu telah di ubah, bahkan sudah hancur dan mungkin telah hilang dari ingatan masyarakat makroman.Masjid pertama makroman yang sekarang telah berganti nama menjadi “Masjid Al-MUKMIN” telah berubah wujud dari aslinya yang tetap ada hanyalah Tiang penyanggah nya saja.

Klinik telah berubah menjadi “Poli Klinik 24 jam” lebih mewah dan telah membuang sejarah.Balai desa yang dulu di pakai untuk musyawarah sekarang tinggal puing – puing yang using dan tak terawatt.Sekolah dasarnya pun sudah berganti menjadi jalan umum yang di lalui para warga

Demikian lah tadi cerita yang saya ketahui tentang makroman.Saya sebenarnya sangat menyayangkan mengapa warga makroman menghilangkan peninggalan” yang bernilai sejarah bagi makroman. Tapi itulah kisah yang sekarang hanya tinggal kisah. Semoga teman-teman yang membaca artikel ini yang sudah tau sejarahnya tidak akan melupakannya dan yang tidak tau sejarah makroman menjadi tau dan tetap mengenang jasa-jasa orang-orang yang telah membangun desa seperti sekarang ini.

Source https://desamakroman.wordpress.com https://desamakroman.wordpress.com/sejarah/sejarah-makroman/
Comments
Loading...