Sejarah Desa Kedawung Banyuputih Batang

0 242

Desa Kedawung Banyuputih

Kedawung adalah desa di kecamatan Banyuputih, Batang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini terdiri atas empat dusun, yaitu Dusun Karanganyar, Dusun Kedawung, Dusun Kejaro, dan Dusun Mangunsari atau ada yang menyebutnya dengan Celong. Desa ini memiliki beberapa area wisata yang bersejarah dan menarik untuk dikunjungi. Area wisata ini terdapat di Dusun Mangunsari, yaitu Tugu Laut, Watu Celong, Mercusuar, Watu Bendesari, dan Pantai Celong.

Desa Kedawung merupakan salah satu desa pesisir di Kabupaten Batang. Desa ini berkembang karena adanya kegiatan pemanfaatan sumber daya alam, yaitu pengembangan budi daya tambak, dan usaha pertanian sawah. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani, nelayan, pengolah ikan, pembudidaya, buruh, dan pedagang. Masyarakat Desa Kedawung menggantungkan penuh di sektor pertanian dan perikanan. Panjang garis pantai Desa Kedawung yaitu 6 km. Pemerintahan Desa Kedawung terdiri atas Kades, Sekdes, dan Perangkat Desa, BPD, dan LPMD.

Desa kedawung terletak sekitar 8 km dari pusat kota pada koordinat 06 0.55’ 785” S dan 109 0.56’ 075” E. Desa kedawung mempunyai luas daerah kurang lebih sekitar 1.447,5 hektar, terbagi atas lahan perkebunan, pertanian, pemakaman, pendidikan, dan lain sebagainya. Perbatasan desa kedawung adalah sebagai berikut : • Sebelah utara : Laut Jawa • Sebelah selatan : Desa Kalibalik dan Desa Banyuputih • Sebelah timur : Desa Ketanggan • Sebelah barat : Desa Kuripan dan Desa Kemiri Desa Kedawung merupakan wilayah pesisir dengan ketinggian wilayah sekitar 2,7 m di atas permukaan air laut (dpl).

Tekstur tanahnya berupa lempungan dengan warna merah atau kuning. Suhu rata-ratanya sekitar 22-34 derajat celcius. Letak Desa Kedawung jauh dari pantai, dan tergolong aman dari bencana yang disebabkan oleh air seperti rob dan banjir. Namun, ada sebagian wilayahnya yang terancam akan adanya abrasi pantai, yaitu Dusun Mangunsari di mana menjadi pusatnya nelayan. Tidak adanya bangunan penahan gelombang menyebabkan daerah pesisir pantai terkena abrasi. Selain itu, karena adanya lahan perkebunan yang bayak dan pohon yang besar menyebabkan Desa Kedawung rawan bencana angin besar. Desa Kedawung terdiri dari 4 dusun, yaitu: 1. Dusun Kedawung 2. Dusun Mangunsari 3. Dusun Karanganyar 4. Dusun Kejaro

Source http://kedawungvillage.blogspot.com http://kedawungvillage.blogspot.com/p/sejarah-desa.html
Comments
Loading...