Sejarah Desa Gondoarum Kudus

0 156

Desa Gondoarum

Di Kabupaten Kudus bagian timur, ada sebuah desa yang bernama Gondoarum, terletak di Kecamatan Jekulo dan berbatasan dengan Kabupaten Pati. Syahdan, dari cerita yang turun temurun disebarkan oleh para tetua, pada zaman penjajahan Belanda terdapatlah seorang martir bernama Mbah Sewa Negara (Sewonegoro).

Kakek yang dikenal keras hati tersebut, mempunyai seorang cucu bernama Kasim. Suatu ketika, cucu yang berselisih paham dengan kakeknya tersebut meninggalkan pepundhen-nya itu untuk berkelana, sampai akhirnya bertemu dengan seorang putri cantik jelita.

Ketika dijumpai, putri tersebut terlihat menyelipkan bunga di atas telinganya, hingga membuat bau harum di sekitarnya. Dalam beberapa rentang waktu kemudian, daerah tersebut dikenal dengan nama Desa Gondoarum.

”Meskipun legenda tersebut didapat dari keterangan beberapa sesepuh masyarakat di desa tersebut, namun sampai saat ini kejelasan hal itu masih terus kami teliti,” katanya.

Legenda-legenda kesejarahan tersebut, ujar Giyono, dijadikan satu dalam bentuk kumpulan data kesejarahan dan nilai kultural Kabupaten Kudus. Data tersebut, nantinya akan dijadikan acuan bagi Pemkab umumnya dan Disparbud khususnya, untuk menyusun sejarah Kota Kudus secara lebih komprehensif.

”Tentunya, dengan juga melibatkan ahli kesejarahan untuk mengaji sejauh mana kebenaran cerita-cerita tersebut,” tambah Giyono yang mengaku baru menggali beberapa legenda sejumlah desa di Kudus, untuk menelusuri asal-usul kesejarahannya.

Source http://peganjaran-net.blogspot.com http://peganjaran-net.blogspot.com/2012/06/asal-usul-desa-gondoarum.html
Comments
Loading...