Sejarah DAM Cluwok Tulungagung

0 196

DAM Cluwok

Dulunya, daerah dekat DAM Cluwok adalah daerah rawa-rawa. Daerah itu sebelah Dam Cluwok merupakan suatu cekungan, jadi air hujan yang turun ke cekungan ini akhirnya membentuk rawa yang luas dan lumayan dalam. Warga sekitar sering menggunakannya untuk berenang. Keberadaan Dam ini berfungsi untuk mengelola kemana air dari rawa di alirkan. Nama Cluwok itu berasal dari kondisinya yang membentuk cekungan (cluwok) sehingga terkenal dengan genangan air yang membentuk rawa pada saat terjadi hujan.

DAM Cluwok ini dulunya bangunan yang elok, kabarnya merupakan bangunan pada zaman belanda, dan banyak besi-besi khas dam yang menghiasinya. Layaknya tempat yang asyik untuk dikunjungi, tak pelak lagi kalau dam ini pernah menyimpan suatu memori akan kunjungan seseorang ke DAM ini dan menikmati keindahan proses pengelolaan aliran airnya.

Sekarang besi itu menghilang, kemanakah? Setelah saya tanya.. Ternyata besi itu sudah diambil oleh DINAS Pengairan Tulungagung.. karena DAM Cluwok sudah tidak berfungsi lagi. Kini hanya tinggal puing-puingnya saja yang tersisa.. Bersama kotoran Sapi, DAM ini semakin terlupakan keberadaanya. Iya.. Daerah sekitar kini digunakan untuk memelihara sapi. Dan DAM pun digunakan untuk menumpuk sisa-sisa batang padi yang mengering.

Source http://info.okeygan.com http://info.okeygan.com/2012/10/informasi-tulungagung-dam-cluwok-dan.html
Comments
Loading...