Sejarah Cafe Historia Jakarta

0 231

Lokasi Cafe Historia Jakarta

Cafe ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 11 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Sejarah Cafe Historia Jakarta

PPI menyewakan bagian belakang bangunan yang menghadap Jalan Pintu Besar Utara menjadi Café Historia, yang dikelola oleh Tania Siregar. Bangunan yang digunakan oleh Café Historia juga mengalami pemugaran yang dilakukan oleh JOTRC (Jakarta Old Town Revitalization Corporation). JOTRC atau PT. Pembangunan Kota Tua Jakarta, merupakan konsorsium swasta yang didirikan pada tahun 2013 oleh beberapa orang yang merasa prihatin terhadap upaya pengembangan kawasan kota tua Jakarta yang dikesankan “berjalan di tempat.”

Tujuan utama dalam pemugaran ini adalah perbaikan kuda-kuda baja pada atap yang rusak dan perbaikan dinding bata yang rapuh untuk menjamin kekokohan dan perpanjangan umur bangunan. Pekerjaan ini adalah proyek percontohan pemugaran bangunan cagar budaya (BCB) oleh UNESCO Jakarta, yang merupakan bagian dari program revitalisasi Kota Tua Jakarta. Setelah selesai pemugaran, Café Historia mulai menunjukkan aktivitasnya kembali. Kini, Café Historia menjelma menjadi sebuah bangunan tua bergaya Eropa dengan sajian restoran dan bar yang cukup luas. Sajian menu lokal khas Indonesia dengan konsep modern akan café ini, sedangkan di bar akan dijumpai beberapa bir dan cocktail pilihan.

Interior café ini juga menampilkan foto-foto jadul berkenaan dengan Jakarta Tempo Doeloe (Oude Batavia). Di café ini, pengunjung tak hanya menikmati sajian menu food dan bar saja tapi sekaligus juga bisa menikmati nuansa gedung tua tempo doeloe yang menawan. Memang tujuan didirikan café ini bukan hanya sebagai tempat makan atau bersantai dengan suasana tempo doeloe, namun juga menjadi tempat cagar budaya dan sejarah yang disatukan dengan tema industrial, atau konsep café yang art industrial history.

Source Sejarah Cafe Historia Jakarta Jakarta
Comments
Loading...