Sejarah Bunker Logistik Tarakan

0 34

Sejarah Bunker Logistik Tarakan

Bangunan ini tempat menyimpan logistik peninggalan perang dunia ke II, dibangun antara tahun 1936 sampai 1939, bangunan ini berada di Jalan Nelayan, Kel. Juata Laut Kota Tarakan. Tidak jauh dari gudang logistik terdapat juga bangunan yang memang menurut masyarakat sekitar dulunya dipakai untuk gardu listrik, sama juga dibangun antara tahun 1936 hingga 1939, bangunannya masih terlihat kokoh sampai sekarang.

Selisih jarak beberapa meter dapat kita temukan juga sebuah bangunan yang dulunya dipakai sebagai persembunyian ataupun pertahana para tentara Belanda selain itu juga digunakan untuk gudang peluru serta peralatan perang lainnya, bunker ini dibangun sekitar tahun 1938.

Bangunan-bangunan tersebut adalah basis utama pertahanan Belanda untuk mengawasi keseluruhan jalur laut serta darat bagian barat memasuki Tarakan dari arah utara, tujuan utama dari pembangunan sarana ini ialah mengamankan sarana vital Belanda yaitu pelabuhan laut serta udara, kawasan tambang minyak dan juga lingkungan kota.

Source https://hello-pet.com https://hello-pet.com/wisata-kalimantan-utara-2043521
Comments
Loading...