Sejarah Bioskop Ampera

0 43

Bioskop Ampera

Bioskop Ampera tinggal menjadi kenangan. Di kota Palopo ada 4 bioskop yaitu Artana Theathre di samping Jalan Belimbing, lalu bioskop Appollo di Jalan Diponegoro tidak jauh dari Appollo ada bioskop Ampera, sekitar 100 Meter dari Ampera di Salubulo ada bioskop Muda. Masing-masing bioskop punya ciri khas. Di Artana theathre sering diputar film Mandarin atau film Barat harga karcisnya juga mahal sekitar 1500-3000 rupiah.

BioskopAmpera letaknya tidak jauh dari Appollo. Harga karcisnya lumayan murah sekitar 500 rupiah (siang) dan 1000 (malam), film-film unggulannya kalau siang adalah film Indonesia seperti Saur Sepuh, Si Gobang,Si Buta dari Gua Hantu dll. Kalau malam diputar film India. Didalam bioskop panas dan kalau mau buang air kecil harus ke keluar ke samping bioskop, sebagian besar penontonya anak ABG.

Di bioskop ini sering diputar film Mandarin dan barat, entah mengapa bioskop ini sepi penonton. Dibanding bioskop Ampera dan Appollo, gedung Bioskop Muda kelihatan lebih baik. Bioskop Muda dulunya bioskop terbesar dan teramai di kota Palopo. Sayangnya pengelola kala itu kalah bersaing. Sering kali kalau nonton di bioskop Muda penontonnya tidak lebih dari 20 penonton, benar-benar sepi sangat berbeda dengan ketiga bioskop yang lain. Oh, ya tiket masuknya sekitar 500-1500 rupiah.

Masuknya parabola sekitar tahun 1993 dengan beragam hiburan termasuk film-filmnya membuat bioskop di kota Palopo tidak mampu bersaing lagi. Satu persatu bioskop tersebut gulung tikar alias bangkrut. Belum lagi dengan munculnya pemutar film seperti VCD yang lebih murah menambah pukulan telak bagi pemilik bioskop. Mau tak mau untuk menghindari rugi mereka menutup bioskopnya.

Sekarang bangunan tua bioskop jadul sudah berubah fungsi terutama menjadi ruko. Tidak ada lagi mobil dengan pengeras suara yang berkeliling kota, tidak ada lagi poster film dengan gambar yang menantang, tidak ada lagi keramaian. Kota kecil itu telah banyak berubah.

Source https://www.kompasiana.co https://www.kompasiana.com/islamrasional79.blogspot.com/55106634a333117b39ba8096/nostalgia-bioskop-jadul-di-kota-palopo
Comments
Loading...